Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bandara AP I Dapat Penghargaan Indeks Kepuasan Pelanggan Tertinggi

Kompas.com - 06/11/2023, 10:35 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I atau AP I (Persero) meraih penghargaan Bandara Terbaik Versi CSI 2023, dari asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia National Air Carriers Association (INACA).

Tiga bandara tersebut adalah Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali, Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan di Kalimantan Timur, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru di Kalimantan Selatan.

Baca juga:

"Penghargaan tersebut merupakan apresiasi terhadap kinerja pelayanan bandara yang diukur melalui indeks kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI)," ujar Direktur Operasi API, MMA Indah Preastuty dalam keterangan tertulis, Senin (6/11/2023). 

Penghargaan Bandara Terbaik Versi CSI 2023 diberikan INACA kepada tiga bandara AP I tersebut dalam kegiatan INACA Festival 2023 untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) INACA ke-53.

Nilai kepuasan pelanggan

Ilustrasi Bandara SAMS Sepinggan BalikpapanKOMPAS.COM/Humas Bandara SAMS Sepinggan Ilustrasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Pada pengukuran CSI yang dilaksanakan INACA di 2023, Bandara Interasional I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil meraih skor CSI sebesar 4,93.

Menyusul, ada Bandara Internasional SAMS Sepinggan dengan skor CSI 4,90, serta Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru dengan skor CSI 4,84. Angka ini adalah penilaian dari skala 1-5.

"Penghargaan yang berhasil diraih oleh tiga bandara AP I tersebut merupakan wujud apresiasi dari stakeholder (pemangku kepentingan), dalam hal ini adalah INACA, terhadap standar pelayanan di bandara," kata Indah. 

Adapun pengukuran CSI oleh INACA di bandara yang dikelola AP I dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

Baca juga:

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com