Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Naik Pesawat? Ketahui 8 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 15/10/2023, 10:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Naik pesawat bisa menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Ada banyak penyebab orang takut naik pesawat seperti fobia ketinggian, kekhawatiran berada di ruang sempit dalam waktu lama, dan sebagainya.

Rasa takut naik pesawat tentunya dapat menganggu terutama jika kita harus bepergian menggunakan burung besi. Namun, tenang saja karena ada sejumlah cara mengatasi rasa takut naik pesawat yang disampaikan langsung oleh pilot, pramugari, dan terapis.

Baca juga:

Kompas.com merangkum tips mengatasi rasa takut naik pesawat dari pilot, pramugari, dan terapis, seperti dilansir dari Travel and Leisure dan CNN.

1. Selidiki penyebab ketakutan

Ilustrasi penumpang takut naik pesawatDok. Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi penumpang takut naik pesawat

Ada beragam penyebab rasa takut naik pesawat. Terapis dari Grow Therapy, Jules Jean Pierre mengungkapkan, beberapa penyebab rasa takut saat naik pesawat seperti takut akan kecelakaan yang berujung kematian, takut berada di ruang sempit (klaustrofobia), mabuk perjalanan, tertular Covid-19, dan sebagainya.

Jules menyarankan penumpang untuk mengetahui penyebab rasa takut naik pesawat lebih dulu. Setelah kami mengetahui pemicu rasa kecemasan saat naik pesawat itu, maka kamu dapat mengatasinya dengan solusi yang spesifik.

2. Pahami turbulensi 

ilustrasi pesawat saat cuaca burukFreepik/rawintanpin ilustrasi pesawat saat cuaca buruk

Tips mengatasi rasa takut naik pesawat selanjutnya adalah memahami turbulensi yang kerap terjadi saat berada di ketinggian.

Penumpang tidak perlu khawatir berlebih terhadap turbulensi. Sebab, turbulensi adalah angin yang tidak stabil sehingga menyebabkan pesawat sedikit terombang-ambing.

Serupa seperti berkendara di jalan bergelombang atau berlayar di laut berombak. Penumpang tidak perlu khawatir karena pesawat dirancang khusus untuk menangani dan meminimalkan turbulensi.

Saat kamu melihat ke luar jendela dan melihat sayap pesawat terangkat ke atas dan ke bawah saat turbulensi, jangan takut bahwa pesawat akan hancur,” kata Pilot Korry Franke, dikutip dari Travel and Leisure.

3. Bicara dengan pramugari 

Ilustrasi pramugari membantu penumpang pesawatShutterstock/Sritana N. Ilustrasi pramugari membantu penumpang pesawat

Jika kamu memiliki kecemasan saat naik pesawat, tidak ada salahnya untuk menyampaikannya kepada pramugari sebelum naik pesawat.

Seorang pramugari Jennifer Jaki Johnson, mengungkapkan, bahwa salah satu tugasnya adalah memastikan penumpang nyaman selama penerbangan. Pramugari akan mengecek kondisi penumpang secara berkala.

Prioritas nomor satu kami adalah memastikan keselamatan penumpang. Jadi, ketahuilah bahwa kamu berada di tangan yang tepat,” ujarnya dilansir dari Travel and Leisure.

Baca juga:

4. Pilih tempat duduk nyaman 

Memilih tempat duduk nyaman dapat membantu penumpang menghindari pemicu rasa takut naik pesawat. Tidak ada salahnya mengeluarkan uang esktra untuk mendapatkan tempat duduk nyaman di pesawat.

Misalnya, jika kamu takut ketinggian, maka pilih tempat duduk yang jauh dari jendela. Sementara, kursi di lorong dapat berguna bagi penumpang yang merasa sesak atau gelisah sehingga perlu berpindah-pindah.

Pilihan kelas bisnis atau kelas satu juga dapat membantu penumpang yang khawatir pada ruangan sempit.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com