Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Gunakan Brankas di Kamar Hotel untuk Simpan Barang Berharga

Kompas.com - 07/11/2023, 21:16 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Saat menginap di hotel, pelaku perjalanan bisa menyimpan barang berharganya di brankas. Umumnya brankas ini diletakkan di dalam lemari pakaian. 

"Saya selalu menyimpan barang-barang berharga saya di dalam brankas," tutur CEO dan Founder Maiden Voyage, Carolyn Pearson, dikutip dari The Sun, Selasa (7/11/2023). 

Baca juga:

Berasal dari Inggris, Maiden Voyage bergerak dalam bidang pelatihan soal keamanan dan keselamatan di sektor pariwisata. 

Pearson melanjutkan, pelaku perjalanan bisa menaruh barang berharganya, misalnya laptop, ke dalam brankas jika kamar mereka tengah dibersihkan.

Hal ini lantaran biasanya petugas hotel akan membuka pintu saat hendak membersihkan sebuah kamar hotel. Mereka juga mendorong troli besar berisi peralatan kebersihan. 

Baca juga: Awas Kutu Busuk, Hindari Meletakkan Koper di Atas Kasur Hotel

Jika pintu kamar hotel tengah dibuka, barang-barang berharga pelaku perjalanan bisa terlihat dari luar kamar. Terlebih jika barang-barang tersebut diletakkan di atas meja.

"Oknum tersebut bisa memberitahu petugas hotel (housekeeping atau tata gerha) bahwa ada barang yang tertinggal di kamar Anda, dan dengan mudah mengambil barang-barang yang ada di meja," 

Ilustrasi hotel.SHUTTERSTOCK/Boyloso Ilustrasi hotel.

Sebelum menggunakan brankas, pelaku perjalanan diimbau mengecek lemari penyimpanan tersebut dengan cermat. 

Dilansir dari Conde Nast Traveler, pilihlah kode nomor yang sesuai dengan keinginan dan pastikan bahwa brankas tidak bisa dibuka dengan kombinasi 0-0-0-0 atau 1-2-3-4.

Pasalnya, kombinasi 0-0-0-0 atau 1-2-3-4 umumnya digunakan sebagai kode standar brankas yang ada di hotel. 

Apabila brankas bisa dibuka dengan kombinasi 0-0-0-0 atau 1-2-3-4, beritahu petugas hotel atau gunakan safety deposit box bila tersedia. 

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com