Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur Uji Coba E-Ticketing

Kompas.com - 08/11/2023, 14:42 WIB
Hadi Maulana,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam melalui Unit Usaha Pelabuhan Penumpang Badan Usaha Pelabuhan mulai menerapkan sistem electronic ticketing (e-ticketing) atau tiket online di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (8/11/2023).

Uji coba ini e-ticketing dilakukan selama 8-12 November 2023.

Jika uji coba berjalan lancar, BP Batam akan melakukan sosialisasi penerapan e-ticketing kepada pemangku kepentingan jasa kepelabuhanan dan media massa, dilanjutkan dengan soft launching yang ditargetkan terlaksana 14 November 2023 mendatang.

Baca juga: 6 Hotel Dekat dengan Pelabuhan Batam Center, Bisa Jalan Kaki

Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Dendi Gustinandar mengatakan, penerapan e-ticketing diharapkan membuat perjalanan penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur akan lebih efisien dan transparan.

“Yang terpenting, meningkatkan pengalaman penumpang dalam menggunakan layanan transportasi laut di Batam,” ujar Dendi di BP Batam, Rabu (8/11/2023).

Ia menambahkan, Batam merupakan transit hub bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang akan melakukan perjalanan ke pulau-pulau lain di wilayah Kepri maupun Provinsi Riau.

Baca juga: 7 Hotel di Batam Dekat Pelabuhan, Tarif Rp 200.000-an Per Malam 

Selain efisiensi dan transparansi, e-ticketing juga dapat memberikan kemudahan bagi penumpang yang ada di kota lain untuk berangkat dari Pelabuhan Domestik Sekupang maupun Telaga Punggur ke tujuan pulau berikutnya.

Adapun dalam penyelenggaraan e-ticketing di Pelabuhan Domestik Batam, para operator kapal domestik juga menggandeng dua perusahaan provider, yakni PT Easybook Teknologi dan PT Mitra Kasih Perkasa yang telah lama berkecimpung dalam penyediaan tiket online.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pada Rabu dilakukan kegiatan penandatanganan perjanjian Pelayanan e-ticketing dan Tata Cara Pengadministrasian Layanan Pass Penumpang Domestik antara BP Batam dengan 18 pimpinan perusahaan operator kapal domestik di dua pelabuhan domestim tersebut.

“Penandatanganan perjanjian ini merupakan upaya BP Batam meningkatkan pelayanan terutama kemudahan bagi calon penumpang dalam melakukan pemesanan tiket dan efisiensi layanan sehingga tidak ada lagi antrean pembelian tiket di pelabuhan, terutama saat high season,” terang Dendi.

Baca juga: Selain Bali, Wisatawan Korea Mulai Lirik Yogyakarta dan Batam

 

Adapun BP Batam sendiri, tambah Dendi, telah melakukan koordinasi secara intens dengan asosiasi INSA (Indonesian National Shipowners' Association) DPC Batam, PELRA (Pelabuhan Rakyat) DPC Batam, operator kapal domestik, perbankan dan perusahaan penyedia sistem sejak Agustus 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com