Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Akan Batalkan Lebih dari 16.000 Penerbangan pada 2024

Kompas.com - 09/11/2023, 11:14 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 16.500 penerbangan di sejumlah bandara di Perancis diperkirakan akan dibatalkan pada periode Januari 2024-Februari 2024.

Hal ini karena negara tersebut akan memperbarui sistem pengendalian lalu lintas udara (air traffic control system).

Baca juga:

"Sistem pengendalian lalu lintas udara generasi baru ini bagian dari modernisasi teknologi sistem kami yang ambisius, yang mana sangat penting," ujar Director of the Services de la Navigation aérienne (DNSA), Florian Guillermet, dikutip dari The Sun, Kamis (9/11/2023).

Sebagai informasi, sistem pengendalian lalu lintas udara di Perancis telah ada sejak tahun 1970-an dan banyak dari prosedurnya yang belum berubah. 

Meskipun sistem ini telah rutin diperbarui setiap tahun, namun pembaruan skala besar, atau sekitar 80 persen, baru akan dilakukan tahun depan akibat peningkatan lalu lintas perjalanan udara.

Baca juga: Amankah Berwisata ke Perancis yang Sedang Rusuh?

Aula kedatangan Bandara Charles de Gaulle di Paris, Perancis. Perancis mencabut semua syarat masuk pelaku perjalanan internasional per 1 Agustus 2022.SHUTTERSTOCK/PACK-SHOT Aula kedatangan Bandara Charles de Gaulle di Paris, Perancis. Perancis mencabut semua syarat masuk pelaku perjalanan internasional per 1 Agustus 2022.

Akan tetapi, pembaruan ini pun menjadi tantangan tersendiri lantaran lalu lintas perjalanan udara di negara tersebut cukup sibuk. 

Dilansir dari Euronews, lebih dari 2,5 juta penerbangan melintasi langit Perancis. Jika pembatalan dilakukan maka penerbangan lintas Eropa bisa terdampak. 

Baca juga:

Mulai Selasa (9/1/2024) sampai Rabu (14/2/2024), sejumlah maskapai penerbangan telah diimbau untuk mengurangi jumlah penerbangan dari dan ke sejumlah bandara di Perancis, antara lain Charles de Gaulle, Orly, Le Bourget, dan Beauvais. 

Soal penerbangan mana yang akan dibatalkan diserahkan sepenuhnya ke pihak maskapai penerbangan, namun diprediksi mereka akan lebih mengutamakan rute-rute penerbangan jarak jauh.

Baca juga: Jadi Tempat Syuting John Wick 4, Ini 5 Fakta Gereja Sacre Coeur di Perancis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com