Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Beroperasi Penuh, Bandara Kertajati Layani 17.000 Penumpang

Kompas.com - 12/11/2023, 11:48 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mencatat, lebih dari 17.000 penumpang terbang dari Bandara Kertajati sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023.

Adapun, bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka itu kini juga melayani penerbangan yang sebelumnya beroperasi di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

"17.000 lebih penumpang itu cukup baik untuk (Bandara) Kertajati,” ucap Ditektur Utama (Dirut) PT BIJB Muhammad Singgih di Majalengka, Sabtu (11/11/2023).

Baca juga:

Singgih menambahkan, hal itu menjadi modal besar bagi Bandara Kertajati untuk lebih berkembang. Artinya, lanjut dia, lebih banyak masyarakat di Jawa Barat sudah mulai tertarik untuk bepergian melalui bandara tersebut.

Rute favorit

Singgih menyebutkan, saat ini ada dua rute penerbangan domestik favorit dengan keberangkatan dari Bandara Kertajati, yakni ke Makassar, Sulawesi Selatan dan Denpasar, Bali.

Adapun Kertajati-Denpasar, misalnya, dalam sehari melayani tiga hingga empat kali penerbangan.

“Ini rute-rute yang akan berkembang terus, di luar rute-rute yang ada juga nanti kita lihat permintaan dari penumpang,” tuturnya.

Fasilitas penunjang seperti tenant atau gerai di bandara menurutnya juga akan terus dioptimalkan.

Misalnyam dengan mengisi gerai tersebut dengan produk-produk UMKM dari Jawa Barat, sehingga penumpang bisa membelinya untuk dijadikan oleh-oleh.

“(BIJB) berusaha meningkatkan terus supaya kenyamanan penumpang saat di bandara itu lebih optimal, lebih baik,” kata Singgih.

Baca juga:

Adapun sejak 29 Oktober 2023, Bandara Kertajati memiliki tujuh rute penerbangan domestik yaitu perjalanan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

Sedangkan maskapai yang melayani rute perjalanan itu adalah yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, dan Citilink.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com