Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Merak Kecil, Wisata Pantai di Ujung Barat Pulau Jawa

Kompas.com - 14/11/2023, 18:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BANTEN, KOMPAS.com - Di ujung barat Pulau Jawa, ada tempat wisata pantai yang tidak hanya indah, tapi juga ramah di kantong yaitu Pulau Merak Kecil.

Pulau ini berada dekat dengan Pelabuhan Merak, Banten, serta berhadapan langsung dengan Selat Sunda. Tidak heran, sejauh mata memandang, wisatawan bisa melihat kapal pengangkut penumpang dan barang berlalu-lalang.

Baca juga:

Calon pengunjung yang hendak datang ke Pulau Merak Kecil perlu menyeberang naik kapal motor dari pesisir pantai.

"Pengunjung yang datang ke sini (Pulau Merak Kecil) kebanyakan ialah wisatawan dari Jakarta, Bogor, dan sekitarnya," kata penyedia jasa wisata di Pulau Merak di Kecil, Rangga kepada Kompas.com saat ditemui di lokasi, Selasa (14/11/2023).

Ia melanjutkan, pengunjung yang datang ke Pulau Merak Kecil cenderung ramai pada akhir pekan, namun terhitung sepi saat hari biasa.

"Kalau dibandingkan yang dengan akhir pekan, saat ini (Selasa) terhitung sepi pengunjung," kata Rangga.

Umumnya, tambah Rangga, wisatawan yang datang ke Pulau Merak Kecil mulai ramai setelah pukul 13.00 WIB.

Alasannya, wisatawan kebanyakan datang dengan menumpangi Kereta Api (KA) Lokal menuju Stasiun Merak, dan waktu kedatangan KA Lokal di Stasiun Merak yakni sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Merak-Rangkasbitung Terbaru 

Dari keliling naik kapal hingga nikmati sunset

Pulau Merak Kecil, wisata pantai di ujung barat Pulau Jawa, Selasa (14/11/2023). Kompas.com/Suci Wulandari Putri Pulau Merak Kecil, wisata pantai di ujung barat Pulau Jawa, Selasa (14/11/2023).

Beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pulau Merak Kecil meliputi snorkeling, keliling pulau naik speedboat, berkemah, dan menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset).

Dari pesisir pantai, wisatawan perlu merogoh kocek Rp 15.000 per orang untuk biaya kapal motor pergi ]-pulang (PP) ke Pulau Merak Kecil. Setelah itu, membayar uang retribusi kebersihan sebelum masuk pulau mulai Rp 2.000 per orang.

Bagi wisatawan yang hendak berburu sunset di Pulau Merak Kecil, Rangga menyarankan datang saat awal tahun.

"Direkomendasikan datang ke sini awal tahun kalau mau lihat sunset. Alasannya, pada awal cuaca terpantau bagus sehingga pemandangan matahari terbenam terlihat jelas," tutur Rangga.

Sementara itu, saat akhir tahun, tambah Rangga, cuaca cenderung tidak menentu dan angin barat terpantau kencang.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com