Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Merak Banten

Kompas.com - 24/07/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Stasiun Merak merupakan stasiun paling barat di Pulau Jawa. Stasiun kelas II ini berada di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Penumpang yang turun di stasiun ini, bisa singgah sejenak di tempat wisata dekat Stasiun Merak. Pengunjung akan menjumpai jajaran pantai yang indah maupun kawasan perbukitan.

Baca juga:

Stasiun Merak melayani kereta api commuter line rute Stasiun Rangkasbitung-Stasiun Merak, dan sebaliknya.

Wisata dekat Stasiun Merak

Kompas.com merangkum wisata dekat Stasiun Merak Banten sebagai berikut. 

Stasiun Merak, BantenDok. KAI Heritage Stasiun Merak, Banten

1. Tikungan Pantai Merak

Saat berada di Merak, sempatkan diri untuk menyaksikan Pelabuhan Merak yang menjadi ikon Merak. Tak perlu menuju pelabuhan, kamu bisa menyaksikan lalu lalang kapal di Pelabuhan Merak dari Tikungan Pantai Merak.

Jaraknya dari Stasiun Merak sekitar 2 kilometer (km) atau 5 menit berkendara. Tepatnya di Jalan Pelabuhan Merak Nomor 4, Mekasari, Kecamatan  Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Selain Pelabuhan Merak, pengunjung bisa menyaksikan kawasan industri Cilegon dari lokasi ini. Wisatawan juga bisa menemukan beragam kuliner kaki lima di lokasi ini.

2. Bukit Batu Gambir 

Obyek wisata ini berupa perbukitan batu yang berlokasi di Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Jaraknya dari Stasiun Merak sekitar 5,3 km atau 18 menit berkendara.

Bukit Batu Gambir dikelilingi dengan ilalang dan pepohonan sehingga cocok buat spot foto. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat pemandangan Pelabuhan Merak serta lautan lepas.

Bebatuan di Bukit Batu Gambir berwarna hitam pekat sehingga menambah kesan eksotis obyek wisata ini. Sebelum berkunjung, siapkan fisik yang prima karena wisatawan perlu mendaki bukit.

3. Pulau Merak Besar 

Pulau Merak Besar, Cilegon, BantenDok. Tourist Information Center Cilegon Pulau Merak Besar, Cilegon, Banten

Untuk menuju Pulau Merak Besar, wisatawan perlu menempuh perjalanan darat dari Stasiun Merak, sekitar 1,6 km kemudian lanjut menyeberang sekitar 10-15 menit.

Melansir laman Tourist Information Center, Pulau Merak Besar berfungsi sebagai hutan lindung yang menahan gelombang air laut ke Pelabuhan Merak. Uniknya, di Pulau Merak Besar wisatawan bisa melihat situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada 1883 silam.

Pulau Merak Besar cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-sehari. Selain menikmati panorama laut biru, kamu bisa berenang, camping, berfoto, dan sebagainya di Pulau Merak Besar.

4. Pulau Merak Kecil 

Pulau Merak KecilKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pulau Merak Kecil

Selain Pulau Merak Besar, wisatawan juga bisa menjumpai Pulau Merak Kecil yang lokasinya berdekatan. Dari Stasiun Merak, wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 km atau 7 menit berkendara, dilanjutkan menyeberang selama 5 menit.

Pulau Merak Kecil memiliki pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut biru jernih.

Mengutip Kompas.com (20/5/2019), Pulau Merak Kecil merupakan destinasi favorit wisatawan karena waktu penyeberangan cukup singkat.

Dari Pulau Merak Kecil, wisatawan bisa melihat Pulau Jawa dan lautan lepas yang menawan. Secara administratif, Pulau Merak Kecil masuk dalam wilayah Kota Cilegon.

Baca juga:

5. Wisata Alam Batu Kupel

Wisata Alam Batu Kupel merupakan kawasan perbukitan yang berada di  Mekarsari, Pulomerak, Cilegon, Banten. Dari Stasiun Merak, wisatawan bisa menempuh perjalanan sekitar 5,1 km atau 13 menit berkendara.

Dari puncak bukit, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, serta lautan lepas. Jangan lupa siapkan stamina, karena pengunjung perlu mendaki bukit untuk sampai ke puncak.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com