Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Aktivitas di Chinatown Singapura, Minum Teh dan Nonton Opera

Kompas.com - 22/11/2023, 11:53 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kawasan pecinan atau Chinatown di Singapura mendapat posisi ke-14 dalam daftar World's Coolest Neighborhood (Lingkungan Paling Keren Sedunia) oleh media asal Inggris, Time Out, pada Oktober 2023.

Awalnya kawasan ini dikhususkan bagi masyarakat China sekitar abad ke-19 silam, namun seiring berjalannya waktu, kawasan ini berkembang menjadi tempat wisata yang modern di tengah bangunan-bangunan bersejarahnya.

Baca juga: Konser Coldplay di Singapura, Cek Harga Tiket Pesawat dari Jakarta

Beragam daya tarik bisa ditemukan di kawasan ini, mulai dari jajanan kaki lima dan tempat ibadah kuno hingga restoran kelas atas.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Chinatown selain belanja, berdasarkan keterangan resmi dari Chinatown Business Association:

Aktivitas di Chinatown di Singapura

1. Ikut workshop teh

Ilustrasi teh di Yixing Xuan Teahouse di Chinatown, Singapura.Dok. Yixing Xuan Teahouse Ilustrasi teh di Yixing Xuan Teahouse di Chinatown, Singapura.

Yixing Yuan Teahouse telah dikenal berkat beragam jenis teh China yang premium. Di tempat ini, wisatawan bisa ikut workshop (lokakarya) soal serba-serbi teh tradisional China, termasuk persiapannya. 

Jika tertarik menikmati teh di hotel atau ingin membeli oleh-oleh, wisatawan bisa membeli daun teh dan peralatan yang digunakan setelah workshop.

Baca juga:

2. Bikin kokedama

Ilustrasi kokedama, seni hias tanaman dari Jepang. PEXELS/ARMAND VALENDEZ Ilustrasi kokedama, seni hias tanaman dari Jepang.

Kokedama merupakan seni merangkai tanaman hias ala Jepang, dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Di 32A Sago Street, terdapat tempat yang menyediakan kokedama, sekaligus kelas khusus untuk membuatnya. Namanya Little Big Garden. 

Wisatawan bisa membawa pulang kokedama buatan sendiri atau membeli kokedama yang sudah jadi.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com