Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali ke Jepang, Simak 10 Tips Ini

Kompas.com - 22/11/2023, 16:59 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Mengetahui tips pertama kali ke Jepang sangatlah penting untuk diketahui sebelum berangkat agar perjalanan lebih nyaman dan lancar.

Hal ini termasuk mengetahui dokumen apa saja yang harus dipersiapkan, tata cara pembayaran ketika jual-beli, transportasi, dan lainnya.

Berikut Kompas.com rangkum sejumlah tips pertama kali ke Jepang berdasarkan kunjungan ke Negeri Sakura beberapa waktu lalu dan sejumlah sumber.

Baca juga: 6 Tips Naik Kereta di Jepang, Jangan Lupa Kartu Ini

Tips pertama kali ke Jepang

1. Tetapkan itinerary

Pastikan berangkat dengan berbekal itinerary atau rencana perjalanan. Jika memungkinkan, siapkan beberapa destinasi cadangan untuk mengantisipasi jika ada destinasi yang tidak bisa dikunjungi karena sejumlah faktor seperti cuaca.

Hal ini terutama penting bagi pelancong yang pergi mandiri atau tanpa didampingi agensi perjalanan.

Itinerary yang matang membuat perjalanan kita lebih efisien, sehingga kita bisa mengunjungi lebih banyak tempat sesuai yang kita inginkan.

Baca juga: Cara Naik Kereta di Jepang, Pemula Wajib Tahu

Tanpa itinerary, kita mungkin ingin mengunjungi banyak sekali tempat dan pada akhirnya tidak bisa mengunjungi banyak di antaranya.

Pahamilah bahwa dalam setiap kunjungan, kita tidak bisa mengunjungi semua tempat yang kita inginkan. Jadi, pastikan waktu yang ada dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Jika punya kesempatan kembali ke Jepang, kamu bisa menghampiri tempat-tempat yang sebelumnya terlewatkan.

2. Koneksi internet

Seperti dikutip dari situs Organisasi Pariwisata Nasional Jepang (JNTO), jaringan WiFi tersedia di banyak tempat publik di Jepang. Kendati demikian, di beberapa tempat, terutama di daerah terpencil, mungkin kita akan kesulitan mendapatkannya.

Ilustrasi media sosialSHUTTERSTOCK Ilustrasi media sosial

Salah satu opsi koneksi internet adalah WiFi saku yang alatnya bisa dipinjam dari negeri keberangkatan atau kios-kios yang ada di beberapa bandara besar di Jepang dengan tarif yang bervariasi.

Opsi lainnya adalah membeli kartu sim yang juga tersedia di banyak bandara besar dengan berbagai tarif dan kapasitas kuota.

Baca juga: 3 Aturan Saat Ikut Upacara Minum Teh di Jepang, Wajib Pakai Kimono

Beberapa penyedia kartu sim juga dapat dibeli dari Indonesia untuk kemudian dipasang setelah tiba di Jepang.

3. Colokan listrik di Jepang

Jepang menggunakan soket listrik tipe A atau dengan dua plat.

Untuk itu, pastikan membawa soket sejenis atau membawa adaptor perjalanan (travel adaptor) yang memungkinkan kita mencolokkan listrik ke berbagai tipe soket.

Soket listrik di Jepang menggunakan tipe A.SHUTTERSTOCK/KO-TORI Soket listrik di Jepang menggunakan tipe A.

Namun, beberapa tempat umum dan hotel menyediakan berbagai macam soket yang memungkinkan kita mencolokkan kabel pengisi daya gawai, pengering rambut, setrika, dan lainnya apapun jenis soketnya.

Selain itu, terkadang disediakan pula lubang USB yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya gawai.

@kompastravel Saran mimin, sekalian camping aja di sini.. Biar bisa menikmati keindahan pantai di malam hari. Habis ini kita mau bahas apa dulu nih guys? Budget dan cara ke Pulau Merak Kecil atau Tips ke Pulau Merak Kecil? #merakbanten #pulaumerakkecil #bantenhits #explorebanten ? ????? - ?MUSI?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com