Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Aturan Saat Ikut Upacara Minum Teh di Jepang, Wajib Pakai Kimono

Kompas.com - 20/11/2023, 07:50 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chanoyu adalah upacara minum teh secara tradisional di Jepang. Biasanya upacara ini dilakukan dalam rangka merayakan suatu acara.

Pelaksanaan Chanoyu di Jepang berbeda setiap musimnya. Saat musim panas dan musim gugur, Chanoyu dilakukan di luar ruangan, sedangkan saat musim dingin dan musim semi, Chanoyu dilakukan di dalam ruangan.

Baca juga:

"Alat yang digunakan setiap musim berbeda beda, lokasinya pun mengikuti perubahan musim," kata instruktur Chanoyu, Yola saat acara Jak-Japan Matsuri 2023 di JEXpo Kemayoran, Jakarta Utara, Minggu (19/11/2023). 

Yola menambahkan, pada dasarnya kegiatan Chanoyu dilakukan tidak semata bertujuan untuk minum teh, melainkan untuk menjalin interaksi antara penyaji teh dan tamu yang diundang.

Pada saat Chanoyu, ada aturan-aturan yang wajib diketahui, khususnya bagi tamu yang diundang.

 

Aturan saat ikut Chanoyu

1. Pakai kimono

 Chanoyu, upacara minum teh secara tradisional di Jepang pada saat acara Jak Japan Matsuri 2023, di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Minggu (19/11/2023). Kompas.com/Suci Wulandari Putri Chanoyu, upacara minum teh secara tradisional di Jepang pada saat acara Jak Japan Matsuri 2023, di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Minggu (19/11/2023).

Menurut penjelasan Yola, ketika seseorang diundang untuk Chanoyu, apalagi pada seremonial formal, tamu wajib memakai kimono tanpa corak.

"Pada saat Chanoyu, yang ikut harus mengenakan kimono tanpa gambar, karena acaranya formal, standarnya sudah seperti itu," katanya.

Baca juga:

2. Gunakan matcha asli

Alat yang digunakan saat Chanoyu, upacara minum teh secara tradisional di Jepang pada saat acara Jak Japan Matsuri 2023, di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Minggu (19/11/2023). KOMPAS.com/SUCI WULANDARI PUTRI Alat yang digunakan saat Chanoyu, upacara minum teh secara tradisional di Jepang pada saat acara Jak Japan Matsuri 2023, di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Minggu (19/11/2023).

Menurut Yola, jenis teh yang sajikan saat Chanoyu yaitu matcha asli, tanpa adanya campuran pemanis buatan, seperti gula ataupun susu.

"Kalau untuk seremonial, harus pakai matcha yang asli. Rasa matcha khas Jepang itu sebenarnya umami kalau dirasakan di bagian samping lidah setelah meneguknya," ujarnya.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com