Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2023, 06:15 WIB
Moh. Syafií,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Aktivitas menikmati pemandangan alam sembari merasakan segarnya udara pegunungan dibuka untuk wisatawan di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Namanya Wisata Lintas Desa dari Bukit Pecaringan.

Dikelola oleh pemerintah desa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), aktivitas wisata yang baru dibuka untuk umum pada Minggu (19/11/2023 ini menawarkan paket lengkap.

Baca juga: Kirab Tumpeng Apem di Jombang untuk Sambut Ramadhan, Jadi Rebutan Warga di Alun-alun

Wisatawan yang ikut aktivitas ini dapat menikmati panorama alam, berbaur dengan segarnya udara pegunungan, serta mencoba trekking di kaki Gunung Anjasmoro.

Trekking 2,6 kilometer dari Bukit Pecaringan

Wisata Lintas Desa menempuh jarak sekitar 2,6 kilometer, dimulai dari Bukit Pecaringan. Keindahan alam bisa dinikmati wisatawan saat melewati jalan setapak serta melewati Watu Lumbung (Batu besar). 

Setelah melewati Watu Lumbung, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri tepi Sungai, melalui Hutan Sengon, melintasi ladang, menyeberang sungai atau turun ke sungai, lalu kembali ke Bukit Pecaringan.

Baca juga: 6 Kegiatan Seru di Wana Wisata Sumber Biru Jombang, Apa Saja?

Mahasiswa PCU Surabaya melakukan ujicoba trekking dan menelusuri sungai sebagai bagian dari paket wisata jelajah desa dari Bukit Pecaringan, di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (19/11/2023).KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ Mahasiswa PCU Surabaya melakukan ujicoba trekking dan menelusuri sungai sebagai bagian dari paket wisata jelajah desa dari Bukit Pecaringan, di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (19/11/2023).

Di sepanjang perjalanan, wisatawan juga dapat menjelajahi perbukitan, menuruni lembah, melintasi kebun manggis, melewati kebun durian, dan melihat dari dekat aneka tanaman perkebunan.

Selain trekking, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam dari atas Bukit Pecaringan. Di atas bukit, tersedia area untuk berkemah atau camping.

Kepala Desa Jarak, Agus Darminto menyampaikan, Wisata Lintas Desa dari Bukit Pecaringan mengusung kearifan lokal, dengan mengajak wisatawan untuk lebih dekat alam dan merasakan kehidupan di lingkungan pegunungan.

Melalui aktivitas ini, wisatawan bisa bersentuhan langsung dengan tanaman buah-buahan andalan Desa Jarak, seperti manggis, durian, dan kopi.

“Di dalamnya termasuk menikmati potensi-potensi yang ada di Desa Jarak, baik untuk tanaman perkebunan maupun peternakan,” kata Agus kepada Kompas.com saat peluncuran Wisata Lintas Desa dari Bukit Pecaringan, Minggu (19/11/2023).

Baca juga:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com