Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Cari Tempat Camping Saat Musim Hujan

Kompas.com - 25/11/2023, 13:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Berkemah merupakan salah satu aktivitas wisata yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan atau waktu luang.

Aktivitas camping lebih pas dilakukan pada musim kemarau yang biasanya jarang turun hujan. Itu karena berkemah dalam keadaan hujan akan cukup merepotkan.

Risiko kemah saat hujan, bisa mulai dari tenda bocor, barang basah, hingga kedinginan, terlebih jika hujan turun disertai angin.

Baca juga: Jangan Lupa Bawa 5 Barang Ini Saat Wisata pada Musim Hujan

Meski begitu, bukan berarti aktivitas berkemah tidak bisa dilakukan sama sekali pada musim hujan dengan catatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pemilihan tempat.

Tips cari tempat camping saat musim hujan

Berikut ini Kompas.com rangkum tips mencari tempat camping yang pas untuk digunakan pada musim hujan:

1. Tempat camping yang mudah dijangkau

Saat ini, ada banyak tempat wisata yang menawarkan camping ground atau tempat berkemah. Wisatawan pun tidak perlu berjalan jauh dari area parkir untuk sampai area kemah.

Wisata Merbabu 360 di Lereng Utara Gunung Merbabu, Jawa Tengah yang bisa untuk campervan atau motocamp.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Wisata Merbabu 360 di Lereng Utara Gunung Merbabu, Jawa Tengah yang bisa untuk campervan atau motocamp.

Dengan begitu ketika cuaca buruk, seperti turun hujan lebat disertai angin, proses evakuasi ke tempat aman bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

2. Tempat camping yang sudah dikelola

Tempat wisata yang menyediakan lahan kemah, biasanya sudah menata tempatnya agar nyaman dan aman digunakan untuk camping saat hujan.

Sarkawi Camping Ground dengan Panorama Gunung Semeru.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sarkawi Camping Ground dengan Panorama Gunung Semeru.

Penataan itu, seperti sudah disediakan jalan air, sehingga air hujan tidak akan mengalir ke tenda, atau lahan camping yang tidak akan digenangi air saat diguyur hujan.

3. Ada bangunan untuk berlindung dari cuaca buruk

Saat musim hujan, pilih tempat camping yang di dekatnya terdapat bangunan permanen yang bisa digunakan untuk berlindung dari cuaca buruk.

Baca juga: 7 Tempat Wisata yang Pas Dikunjungi Saat Musim Hujan, Ada Air Terjun Musiman

Dengan begitu, andai cuaca buruk melanda dan tenda tidak bisa ditempati, kamu bisa mengungsi ke dalam bangunan itu.

4. Tempat camping yang juga menyediakan perlengkapan

Selanjutnya, pilih tempat camping yang pengelolanya menyediakan perlengkapan dan layanan mendirikan tenda.

Wisata Merbabu 360 di Lereng Utara Gunung Merbabu, Jawa Tengah, Rabu (18/10/2023).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Wisata Merbabu 360 di Lereng Utara Gunung Merbabu, Jawa Tengah, Rabu (18/10/2023).

Kamu pun bisa tinggal datang dan menempati tenda yang sudah berdiri di tempat aman, tanpa perlu repot membawa perlengkapan, mencari tempat, dan mendirikan tenda, terutama saat hujan turun. Selain itu, biasanya.

5. Ada petugas jaga

Pilih tempat camping yang ada petugas jaga. Sehingga jika cuaca buruk melanda, petugas bisa segera memberi tahu dan membantu proses evakuasi.

Baca juga: Kondisi Terkini Taman Langsat di Jaksel; Danau Kering, meski Sudah Hujan

Biasanya, tempat camping yang dikelola sudah menugaskan seseorang untuk berjaga saat ada yang berkemah untuk alasan keselamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com