Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyelam di Mandeh, Lihat Ikan Balong dan Kapal MV Boelongan

Kompas.com - 26/11/2023, 10:18 WIB
Perdana Putra,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Kepulauan Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), sudah terkenal akan keindahan alamnya.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menyampaikan, Kepulauan Mandeh merupakan obyek wisata andalan Pesisir Selatan.  

Baca juga: Keindahan Bawah Laut Perairan Mandeh di Sumatera Barat

"Kawasan Mandeh merupakan obyek wisata unggulan karena, sajian dihadirkan sangat beragam. Mulai dari panorama alam, kuliner, hingga keindahan bawah laut," ujar Rusma Yul Anwar saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

Berawal dari kegiatan menyelam

Adapun berawal dari kegiatan Sailing Joy Mandeh pada 16 Mei 2015, penyelam dari Diving Proklamator, salah satu kelompok penyelam di Sumbar yang berpartisipasi kala itu, menyuguhkan foto-foto bawah laut yang luar biasa.

Foto kerang dan ikan hias unik menjadi daya tarik alam bawah laut di Mandeh.

Semenjak itu, beragam kegiatan menyelam di Kepulauan Mandeh kerap dilaksanakan.

Pada Agustus 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga menggelar turnamen fotografi dan videografi bawah laut di perairan Mandeh. 

Baca juga: Potensi Wisata Kapal Karam di Indonesia, dari Mandeh hingga Tidore

Pesona bawah laut Mandeh di Sumatera Barat.DOK KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN Pesona bawah laut Mandeh di Sumatera Barat.

Bertajuk Exploring Mandeh Road to Bulan Cinta Laut, ajang ini diikuti 15 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya adalah mempromosikan salah satu program ekonomi biru KKP, Bulan Cinta Laut.

Salah satu obyek pengambilan gambar adalah di lokasi Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) dari kapal MV Boelongan Nederland.

Kapal milik Belanda tersebut dibuat tahun 1915, namun tenggelam saat diserang tentara Jepang saat Perang Dunia II pada awal tahun 1942.

Kapal MV Boelongan ditetapkan sebagai Situs Budaya Bawah Air, dan kawasan Konservasi Maritim. Berkedalaman sekitar 30 meter, kapal menjadi salah satu spot menyelam unggulan di Mandeh.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com