Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Disebut Penyelenggara Terbaik untuk Event Olahraga Air

Kompas.com - 26/11/2023, 15:30 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, Indonesia disebut sebagai penyelenggara terbaik dari event (acara) wisata olahraga tingkat dunia, utamanya olahraga air, yang diadakan di Danau Toba, Sumatera Utara. 

Menparekraf melanjutkan, ia mendapat laporan dari Founder H2O Racing, Nicolo Di San Germano, sehubungan dengan predikat tersebut.

Baca juga: Jelang Balap Jetski di Danau Toba, Okupansi Penginapan Capai 50 Persen

"Dalam perbincangan saya dengan Nicolo, saya mendapatkan laporan bahwa Indonesia menjadi organizer terbaik dalam event ini. Dan ini akan disampaikan di Sharjah pekan depan," tutur Menparekraf lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Minggu (25/11/2023).

Tidak hanya itu, Nicolo juga disebut mengakui Danau Toba sebagai salah satu venue (lokasi perlombaan) terbaik dunia lantaran menarik dan unik.

"Ada banyak alasan kenapa Danau Toba menjadi venue di event ini karena kemegahan, kecantikan, serta keindahan dari Danau Toba yang layak dikenal oleh lebih banyak masyarakat dunia," tuturnya.

Baca juga:

Dua event internasional di Danau Toba dalam setahun

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) saat jumpa pers Aquabike Jetski World Championship 2023 di Pelabuhan Balige, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2023)Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) saat jumpa pers Aquabike Jetski World Championship 2023 di Pelabuhan Balige, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2023)

Dalam setahun, Danau Toba sudah dua kali menjadi lokasi ajang olahraga internasional. Pada Februari 2023, ada F1 Powerboat H2O atau balap perahu super cepat. 

Selanjutnya pada pertengahan November 2023, ada Aquabike Jetski World Championship 2023. Sebanyak 118 pembalap internsaional turut serta dalam ajang yang memperebutkan dua kejuaraan dunia ini.

“Ini merupakan sejarah baru, Danau Toba selama satu tahun menggelar dua event internasional," tutur Menparekraf.

"Untuk Aquabike Jetski World Championship 2023 bisa menarik lebih dari 100.000 penonton. Berdasarkan informasi dari In Journey selama dua hari berlangsung, sebanyak 50.000 lebih penonton menyaksikan acara ini," imbuhnya.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com