Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lonjakan Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Diprediksi pada 22 Desember

Kompas.com - 30/11/2023, 23:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi puncak arus penumpang mudik libur Natal dan Tahun Baru melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten akan terjadi pada H-3 tanggal merah Natal atau Jumat (22/12/2023).

Peningkatan penumpang diperkirakan akan mencapai sekitar 135.000-170.000 orang per hari atau naik sekitar 12,5 persen, meskipun kenaikannya tidak setinggi saat Hari Raya Lebaran 2023.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Menurunkan Sandaran Kursi di Pesawat?

Sementara puncak arus balik libur Natal 2024 diperkirakan terjadi pada H+4 Natal.

"Kami sudah melakukan perhitungan dan hasilnya bahwa puncak arus mudik pertama akan dimulai pada Jumat tanggal 22 Desember 2023 atau H-3 sebelum Natal," kata EGM KCU PT Angkasa Pura II Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Kamis (30/11/2023), seperti dikutip dari Antara.

Penambahan penerbangan

Selama periode libur Natal dan tahun baru 2024 terdapat usulan penambahan penerbangan atau extra flight hingga total 343 penerbangan dari maskapai Lion Air, Citilink, dan Malaysia Air.

"Tentunya ini baru usulan dan nanti akan terus bertambah mendekati hari H dan realisasinya tentu akan berbeda," ungkapnya.

Baca juga: Merokok di Pesawat Bisa Denda hingga Rp 2,5 Miliar, Ini Aturannya

Sejumlah hal dilakukan AP II untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, seperti penambahan fasilitas di bandara dan keamanan.

Saat ini, masih ada terminal yang belum aktif, yakni terminal 1B, 1C, dan sebagian dari 2F yang dialokasikan untuk layanan umrah.

@kompastravel Ada perbedaan antara jumlah seats alias kursi di tiap kelas. Kalau di premium economy jumlah kursinya 555, dengan posisi 3-2. Kalau di business class ada 28 kursi dengan posisi 2-2. Nah, kalau di first class ada 18 kursi dengan posisi 2-1 Yuk cerita di kolom komentar, kamu pengen nyobain naik Whoosh juga nggak sih? #keretacepat #keretacepatjakartabandung #kcic #whoosh ? Mood - Instrumental - DC Beatz
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com