Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Mau Mendarat, Pesawat Balik Arah karena Ada Kuda Lepas

Kompas.com - 19/11/2023, 19:31 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber BBC,

KOMPAS.com - Sebuah pesawat jet kargo Boeing 747 yang dioperasikan oleh Air Atlanta Icelandic terpaksa berbalik arah setelah seekor kuda lepas dari kandangnya dan menyebabkan kekacauan ketika pesawat melaju di ketinggian 30.000 kaki pada Kamis (9/11/2023).

Dikutip dari AP, pilot pesawat menghubungi kontrol lalu lintas udara di Boston untuk melaporkan bahwa seekor kuda di dalam pesawat keluar dari kandangnya.

Adapun pesawat sedang menuju ke Belgia dari New York dan terpaksa memutar balik sekitar 90 menit setelah lepas landas meskipun sebetulnya tidak ada masalah dalam penerbangan, seperti dikutip BBC.

"Tidak ada masalah dalam hal penerbangan, tetapi kami harus kembali ke New York. Karena kami tidak bisa mengenbalikan kuda itu dengan aman," ujar pilot tersebut dadlam rekaman kontrol lalu lintas udara yang dibuat oleh situs LiveATC.net dan dikompilasikan oleh situs You Can See ATC.

Baca juga: 3 Etiket Simpan Bagasi Kabin di Pesawat, Jangan Terlalu Berat

Pilot mengatakan, karena beratnya pesawat, sebelum tiba kembali di New York ia terpaksa harus membuang 20 ton bahan bakar di timur Nantucket, sebuah daerah populer di kalangan orang-orang kaya di dekat Massachusetts.

Selain itu, pilot meminta bandara menyiapkan dokter hewan di bandara tempat mereka mendarat nanti, yakni di Bandara Internasional John F Kennedy.

"Di darat, tidak ada (keperluan bantuan apapun). (Tapi) di landasan, iya. Kami membawa kuda yang bermasalah, dalam kesulitan," ungkap pilot.

Baca juga: Jangan Pakai Earphone Saat Akan Naik Pesawat, Ini Alasannya

Belum jelas bagaimana kuda tersebut pada akhirnya bisa keluar ketika tiba di bandara. Alasan pengangkatan kuda juga belum diketahui.

Meskipun, salah seorang ahli memperkirakan, salah satu alasan umumnya adalah diangkut sebagai kuda pacuan.

Adapun pesawat tersebut tetap berangkat ke Belgia dan dilaporkan tiba di Bandara Liege pada keesokan harinya.

Belum ada tanggapan secara resmi dari Air Atalanta Icelandic pada AP maupun BBC.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com