Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Wisata sambil Olahraga Alam Bebas di Bangka, Akses Dekat ke Bandara

Kompas.com - 03/12/2023, 10:11 WIB
Heru Dahnur ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tidak hanya terkenal akan pantainya. Ada pula sejumlah lokasi untuk arena jogging alam bebas atau hill walking.

Berikut tiga wisata dekat bandara untuk kamu kunjungi, yang areanya luas dan dilengkapi berbagai fasilitas, sehingga cocok dikunjungi sambil olahraga:

Kampoeng Reklamasi Air Jangkang

Lahan reklamasi bekas penambangan timah ini berlokasi sekitar 40 menit perjalanan menggunakan minibus dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Saat ini, Kampoeng Reklamasi Air Jangkang menjadi kawasan wisata terbatas. Untuk masuk ke dalamnya, wisatawan harus mengajukan izin terlebih dahulu.

Salah satu burung elang yang sedang menjalani proses rehabilitasi di PPS Alobi Air Jangkang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Agustus 2023.KOMPAS.com/HERU DAHNUR Salah satu burung elang yang sedang menjalani proses rehabilitasi di PPS Alobi Air Jangkang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Agustus 2023.

Kampoeng Reklamasi Air Jangkang berada di bawah pengelolaan PT Timah Tbk melalui anak usahanya PT Timah Agro Manunggal (TAM). Kawasan seluas 36 hektar itu berupa agrowisata yang kini juga memiliki Pusat Penyelamatan Satwa (PPS).

Di kawasan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang banyak ditanam berbagai jenis pohon sebagai pelindung sekaligus untuk pelestarian. Kemudian ada juga kawasan penanaman berbagai jenis sayuran dan peternakan sapi di sana.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Sejumlah lubang tambang masih bisa ditemukan dengan genangan air di dalamnya. Kolam tambang tersebut menjadi percontohan untuk budidaya ikan nila.

Alhasil, Kampoeng Reklamasi Air Jangkang tidak hanya untuk wisata dan olahraga, tapi juga menjadi sarana edukasi.

Lebih dari itu, lintasan yang mengitari Kampoeng Reklamasi Air Jangkang sangat ampuh untuk menguras keringat dan tentunya cocok bagi penyuka olahraga jogging atau hill walking.

Bukit Pinteir

Bukit Pinteir dalam bahasa Bangka diartikan sebagai bukit yang melintir atau melipir. Maksudnya secara topografi perbukitan ini berada pada posisi melingkar dengan gugusan utamanya perbukitan Mangkol.

Gazebo atau shelter tempat istirahat di lintasan Bukit Pinteir, Bangka Tengah, Selasa (12/10/2021).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Gazebo atau shelter tempat istirahat di lintasan Bukit Pinteir, Bangka Tengah, Selasa (12/10/2021).

Kawasan ini bagian dari Taman Hutan Rakyat (Tahura), sehingga diperbolehkan untuk dikelola menjadi kawasan wisata atau agrowisata.

Pengelola Bukit Pinteir bernama Syahrial mengatakan, lintasan yang sudah dibuka berupa jalan setapak sepanjang 1,6 km. Terbagi dalam empat pos yang masing-masingnya sudah dilengkapi gazebo sebagai tempat istirahat.

Baca juga: Di Mana Letak Bangka Belitung? Ketahui Sejarah Singkatnya

Sebagian besar kawasan ini merupakan kebun masyarakat yang ditanami durian dan mangga. Jika berkunjung pada musim yang tepat, wisatawan bisa merasakan buah-buah segar langsung dari pohonnya.

Bukit Pinteir hanya berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari bandara Depati Amir Pangkalpinang. Tak jauh dari lokasi, banyak terdapat hotel berbintang sebagai tempat menginap.

Bukit Kejora

Perbukitan ini juga terbilang dekat dari Bandara Depati Amir, dan juga cukup mudah dijangkau dari hotel bintang tiga dan bintang empat. Lokasi ini tepatnya berada di Desa Beluluk, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Bukit Kejora di BangkaBANGKAPOS.com/CEPI MARLIANTO Bukit Kejora di Bangka

Dari bandara diperkirakan berjarak sekitar 6 kilometer atau sekitar 15 menit perjalanan menggunakan minibus.

Bukit Kejora sebagai lokasi jogging yang sangat ampuh menguras keringat. Anda bisa bermalam menggunakan tenda dengan pemandangan gemerlapnya pusat kota Pangkalpinang.

Baca juga: Pantai Kebang Kemilau, Lokasi Melepas Penat di Bangka Tengah

Bagi yang suka fotografi rasi bintang, puncak Bukit Kejora bisa menjadi pilihan yang tepat. Pada malam pergantian tahun, cukup banyak pengunjung yang berkumpul di Bukit Kejora. Selain suasana malam yang memukau, juga ada sunset yang sayang untuk dilewatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com