Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Viral Sepanjang 2023, Curug hingga Jembatan Kaca

Kompas.com - 11/12/2023, 06:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah destinasi viral di media sosial atau ramai dicari warganet di mesin pencari Google karena sejumlah alasan.

Destinasi ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan ramai dibincangkan karena beragam alasan, termasuk akibat adanya peristiwa kecelakaan.

Kompas Travel merangkum sejumlah tempat wisata viral yang menyedot perhatian dalam setahun ke belakang.

Tempat wisata viral 2023

1. Masjid Raya Al Jabbar

Sejumlah warga berada di pelataran masjid usai peresmian Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/12/2022). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Masjid Raya Al Jabbar sekaligus menggelar Salat Jumat perdana di Masjid Raya tersebut. Dok. ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Sejumlah warga berada di pelataran masjid usai peresmian Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/12/2022). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Masjid Raya Al Jabbar sekaligus menggelar Salat Jumat perdana di Masjid Raya tersebut.

Masijd Raya Al Jabbar diresmikan 30 Desember 2023, tetapi baru mulai viral pada awal tahun lantaran dibanjiri pengunjung yang penasaran mengunjungi ikon baru Kota Bandung tersebut.

Sayangnya, banyaknya pengunjung sempat membuat jalanan sekitarnya macet parah dan adanya masalah sampah. Bahkan, sempat viral video kolam di halaman masjid dijadikan tempat berenang pengunjung anak.

Baca juga: 9 Aturan di Masjid Al Jabbar, Jangan Renang di Kolam

Akibat hal tersebut, masjid ini sempat ditutup sementara pada akhir Februari untuk perawatan dan dibuka kembali ketika memasuki Ramadhan.

2. Curug Citambur

Pemandangan dari dekat puncak Curug Citambur di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (28/4/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Pemandangan dari dekat puncak Curug Citambur di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (28/4/2023).

Viralnya Curug Citambur yang berlokasi di Karangjaya, Cianjur, Jawa Barat diawali kabar adanya rumah yang memiliki pemandangan langsung ke curug tersebut.

Abah Jajang, pemilik rumah tersebut, dikabarkan pernah menolak tawaran Rp 2 miliar untuk membeli rumahnya. Itulah yang mengawali tersebarnya cerita mengenai curug ini.

Meski sudah dibuka sebagai tempat wisata sejak 2014, tetapi kabar itulah yang membuat Curug Citambur dan rumah Abah Jajang menjadi banyak dikunjungi warga.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat ke Curug Citambur, Airnya Bak Mengalir dari Langit

Sayangnya, banyaknya kunjungan tersebut membuat halaman rumah Abah Jajang sempat diberitakan rusak.

3. Jembatan Kaca The Geong

Jembatan kaca The Geong di kompleks Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (26/10/2023).KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Jembatan kaca The Geong di kompleks Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (26/10/2023).

Jembatan kaca tengah banyak dibangun di sejumlah daerah di Indonesia. Namun, Jembatan kaca The Geong di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ramai dibincangkan lantaran pecah pada Rabu (25/10/2023).

Akibat hal tersebut, empat wisatawan jatuh dan ada korban meninggal dunia.

Baca juga: Kronologi Jembatan Kaca Pecah di The Geong, Tebal Kaca Cuma 1,2 Cm

Tak hanya media dari Indonesia, peristiwa tersebut kemudian diberitakan sejumlah media asing yang menyoroti keamanan dan standardisasi tempat wisata itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com