Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Trawas Mojokerto yang Terkenal, Banyak Tempat Instagramable

Kompas.com - 13/12/2023, 22:34 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Trawas, Mojokerto? Yuk, simak rekomendasi wisata Trawa yang terkenal buat alternatif liburan tahun baru. 

Trawas merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang berada di lereng Gunung Penanggungan. Karenanya, Trawas memiliki beragam obyek wisata yang terkenal mulai dari wisata alam hingga taman rekreasi. 

Baca juga:

Wisata Trawas yang terkenal

Berikut rekomendasi tempat wisata Trawas yang terkenal sebagai alternatif liburan tahun baru 2024. 

1. Sawah Sumber Gempong

Wisata Sawah Sumber Gempong MojokertoDok. Desa Ketapanrame Wisata Sawah Sumber Gempong Mojokerto

Jika kamu mencari wisata petualangan di alam, maka Sawah Sumber Gempong cocok buat dikunjungi. Selain hamparan sawah hijau, ikon wisata Sawah Sumber Gempong adalah keberadaan sumber mata air yang jernih dan tidak pernah kering meskipun musim kemarau, berdasarkan informasi dari situs Desa Ketapanrame. 

Sawah Sumber Gempong berada di kaki Gunung Penanggungan yang berada di Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan. Tidak heran jika kawasan wisata Sumber Gempong memiliki udara sejuk. 

Obyek wisata alam ini juga dilengkapi dengan wahana permainan, area camping, dan wisata budaya. Wisata Sawah Sumber Gempong yang berada di Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

2. Taman Ghanjaran 

Tempat wisata Taman Ghanjaran Trawas di Mojokerto.dok. Taman Ghanjaran Trawas Tempat wisata Taman Ghanjaran Trawas di Mojokerto.

Taman Ghanjaran merupakan taman rekreasi yang cocok didatangi bersama keluarga. Lokasinya berada di Jalan Raya Tretes - Trawas No. 88, Sukorame, Ketapanrame, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

Pengunjung bisa menjumpai banyak wahana permainan, seperti bianglala, kereta mini, bioskop 3D, kora-kora, sky bike, dan sebagainya. Selain wahana permainan, pengunjung juga bisa menjumpai beragam kuliner. 

Taman Ghanjaran adalah salah satu obyek wisata populer di Trawas sehingga tidak pernah sepi pengunjung. 

3. Poetoek Soeko 

Berkunjung ke Trawas tidak lengkap jika belum berwisata di Poetoek Soeko. Berdasarkan informasi dari Tribun News, Poetoek Soeko adalah taman bunga dengan aneka warna, sehingga menyerupai pelangi. 

Keindahan bunga warna-warni tersebut menjadi spot foto Instagramable favorit wisatawan. Poetoek Soeko juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti ATV, berkuda, dan lainnya. 

Bahkan, wisatawan bisa bermalam di area camping ground dengan latar belakang Gunung Penanggungan. Lokasinya berada di Sukosari, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

Baca juga:

4. Air terjun Dlundung 

Air terjun Dlundung, salah satu tempat wisata di Trawas, Mojokerto. Wikimedia Commons Air terjun Dlundung, salah satu tempat wisata di Trawas, Mojokerto.

Berada di lereng gunung, menjadikan Trawas memiliki banyak wisata alam. Salah satunya adalah air terjun Dlundung yang berlokasi di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. 

Air terjun setinggi 60 meter ini, dikelilingi pepohonan yang masih alami dan asri. Pengunjung bisa menikmati udara segar khas pegunungan saat tiba di kawasan air terjun Dlundung. 

Terdapat kolam alami di bawah air terjun yang dapat digunakan untuk berenang. Karena tidak begitu dalam, anak-anak dapat berenang di kolam alami ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com