Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Melihat Sunrise di Bromo yang Paling Indah 

Kompas.com - 19/12/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana liburan ke Gunung Bromo, Jawa Timur dalam waktu dekat? Salah satu daya tarik Gunung Bromo yang tidak boleh dilewatkan wisatawan adalah menyaksikan matahari terbit atau sunrise

Saking indahnya penorama sunrise di sana, maka dijuluki sebagai The Golden Sunrise of Bromo. Tak heran jika banyak wisatawan rela mendaki ketika pagi buta untuk menyaksikan pemandangan eksotis tersebut. 

Baca juga:

Ada beberapa pilihan spot sunrise di Gunung Bromo yang menawarkan daya tarik masing-masing. Tenang saja, karena panorama sunrise Bromo tetap menawan dilihat dari spot manapun. 

Spot sunrise Bromo 

Berikut tempat melihat sunrise di Gunung Bromo, seperti dirangkum Kompas.com.

1.  Penanjakan 1 

Pemandangan Gunung Batok, Bromo, dan Semeru dari Penanjakan 1 menjelang matahari terbitYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Pemandangan Gunung Batok, Bromo, dan Semeru dari Penanjakan 1 menjelang matahari terbit

Berada di ketinggian 2.770 mdpl, Penanjakan Point atau dikenal sebagai Penanjakan 1 merupakan titik tertinggi menyaksikan sunrise di Gunung Bromo. 

Penanjakan 1 merupakan lokasi favorit para pemburu sunrise Gunung Bromo, dikutip dari Kompas.com (11/9/2022). Lokasinya bisa dijangkau dari pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan.

Jika ingin menyaksikan sunrise dari Penanjakan 1, wisatawan diimbau menggunakan pakaian hangat serta syal, jaket, sarung tangan, dan sebagainya. Pasalnya, angin di lokasi Pananjakan 1 cukup kencang. 

2. Seruni Point 

Seruni Point di bawah Bukit Kingkong.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seruni Point di bawah Bukit Kingkong.

Berada di ketinggian 2.400 mdpl, Seruni Point juga dikenal sebagai spot Pananjakan 2. Salah satu keunikan Seruni Point adalah keberadaan pura dengan latar belakang kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dikutip dari Kompas.com (23/10/2022). 

Dari Seruni Point, lautan pasir Bromo tampak terbentang luas. Selain itu, wisatawan bisa menyaksikan Gunung Batok, kawah Gunung Bromo, dan Puncak Mahameru. 

Berbeda dengan Penanjakan 1, Seruni Point masuk dalam wilayah Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Jadi, wisatawan bisa masuk dari pos retribusi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. 

3. Bukit Cinta 

Pengunjung mengabadikan keindahan di lokasi wisata Bukit Cinta, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017). Bukit Cinta menjadi alternatif menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Gunung Bromo.
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung mengabadikan keindahan di lokasi wisata Bukit Cinta, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017). Bukit Cinta menjadi alternatif menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Gunung Bromo.

Tempat melihat sunrise di Bromo selanjutnya adalah Bukit Cinta. Spot sunrise ini juga dikenal sebagai Penanjakan 3, yang berada di ketinggian 2.680 mdpl. 

Panorama yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Penanjakan 1 dan Seruni Point. Wisatawan bisa menyaksikan anggunnya Kaldera Tengger serta gagahnya Puncak Mahameru. 

Diberi nama Bukit Cinta, lantaran masyarakat setempat meyakini bahwa lokasi tersebut merupakan tempat pertemuan Roro Anteng dengan Joko Seger untuk pertama kalinya, yakni nenek moyang masyarakat Suku Tengger. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com