Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru, Candi Borobudur Targetkan Kenaikan Pengunjung 24 Persen

Kompas.com - 21/12/2023, 09:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditargetkan meningkat 24 persen atau sebanyak 105.966 pengunjung pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2023/2024.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratuboko (TWC) Febrina Intan mengatakan, peningkatan tersebut untuk periode mulai Sabtu (23/12/2023) hingga Senin (1/1/2024).

Baca juga:

"Diperkirakan pada 27 Desember 2023 pengunjung (Candi Borobudur) akan padat sekali," tutur Febrina, dikutip dari Antara, Rabu (20/12/2023).

Ilustrasi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.UNSPLASH/Snowscat Ilustrasi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sementara itu, General Manager Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi mengatakan, infrastruktur dan sarana pendukung sudah disiapkan dalam beberapa hari lalu.

Tujuannya agar seluruh fasilitas di tempat wisata tersebut sudah siap saat wisatawan datang. 

Ia melanjutkan, akhir-akhir ini jumlah pengunjung ke candi Buddha terbesar di dunia itu sudah sekitar 4.000-5.000 orang per hari. 

Baca juga:

"Namun, akhir tahun ini kita memproyeksikan tidak terlalu tinggi, kita belajar dari pengalaman Lebaran tahun kemarin tertinggi tidak sampai 15.000 di (Candi) Borobudur," tutur Jamaludin.

Adapun beberapa faktor yang memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan, menurutnya, antara lain pembatasan pengunjung yang naik candi dan isu tiket Candi Borobudur yang mahal. 

Baca juga: Borobudur Tak Hanya Candi, Kekuatan Cerita Rakyat Juga Jadi Unggulan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com