Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Kejar Target 13 Juta Kunjungan Turis Asing hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 22/12/2023, 07:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Vietnam diperkirakan mampu mencapai target 12,5 juta hingga 13 juta kunjungan wisatawan internasional atau turis asing pada akhir 2023.

Adapun hingga November 2023, total angka kunjungan turis asing sudah mencapai 11,2 juta kunjungan.

Sebeumnya, target awal yang ditetapkan adalah 8 juta kunjungan, kemudian direvisi karena mengalami tren peningkatan kunjungan pascapandemi Covid-19 selama lebih-kurang dua tahun.

Dikutip dari Sai Gon Giai Phong (SGGP), angka tersebut dilaporkan dalam lokakarya tentang manajemen sektor pariwisata yang digelar oleh Otoritas Pariwisata Nasional Vietnam (VNAT) di Hanoi, Kamis (21/12/2023).

Baca juga: 8 Wisata di Ho Chi Minh City Vietnam Dekat Bandara

Adapun total kunjungan turis domestik diperkirakan mencapai 108 juta kunjungan, melebihi target tahunan sebesar 5,8 persen.

"Total pendapatan dari pariwisata diperkirakan mencapai 672 triliun vietnam dong (sekitar 28 miliar dollar AS), melebihi target sebesar 3,38 persen," demikian keterangan VNAT.

Meski demikian, VNAT mengakui masih adanya kekurangan dan masalah dalam manajemen pariwisata negara. 

Untuk itu, mereka mengusulkan adanya sejumlah solusi di masa mendatang, seperti memperketat manajemen lokasi dan tujuan pariwisata, konservasi nilai-nilai alam dan budaya di destinasi wisata untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan, peningkatan keamanan, keselamatan, kebersihan makanan, dan perlindungan lingkungan, dan lainnya.

Baca juga: 7 Wisata Dekat Bandara Da Nang Vietnam, Banyak Pantai Populer

Turis asal Korea Selatan mendominasi

Menurut data Badan Pariwisata Nasional hingga November 2023 yang dikutip Vietnam Insider, Korea Selatan menjadi pasar sumber turis asing terbanyak, yakni sebanyak 3,2 juta kedatangan atau 28,5 persennya dari total kedatangan.

Sementara posisi kedua ditempati turis asal China dengan 1,5 juta kedatangan dan Taiwan di posisi ketiga dengan 758.000 kedatangan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Vietnam yang Terkenal, Wajib Dikunjungi 

Sedangkan di posisi keempat adalah Amerika Serikat dengan 658.000 kedatangan dan Jepang dengan 527.000 kedatangan.

Sementara untuk pasar Eropa, tiga negara teratas adalah Inggris, Perancis, dan Jerman yang masing-masing menyumbang 232.000, 195.000, dan 182.000 kedatangan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com