Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarang Kejar Target 7,2 Kunjungan Wisatawan hingga Akhir 2023

Kompas.com - 28/12/2023, 12:43 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kota Semarang menargetkan 7,2 juta kunjungan wisatawan tercapai pada akhir 2023, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Adapun kunjungan ke Kota Lumpia pada 2022 mencapai 5,3 juta kunjungan.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu optimististis Semarang menjadi salah satu destinasi yang dituju wisatawan ketika hendak merayakan pergantian tahun.

"Tentu wisatawan pasti banyak meski memang pasti terpecah. Karena ada yang ke Jogja, Solo, Surabaya. Dan awalnya pasti akan ke Semarang karena jadi titik tengah," kata Hevearita, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: 7 Tempat Merayakan Tahun Baru 2024 di Semarang 

Di antara sejumlah destinasi di Semarang, sentra oleh-oleh di Jalan Pandanaran menurutnya masih menjadi favorit.

Selain itu, juga ada wisata unggulan seperti Kota Lama Semarang, Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, dan Masjid Agung Jawa Tengah Semarang.

"Kemarin saya monitor paling banyak yang dikunjungi adalah (sentra) oleh-oleh di Jalan Pandanaran. Ya, kami harapkan wisatawan bisa kerasan sampai tahun baru," tuturnya.

Destinasi wisata alam terbuka seperti taman dan pantai juga dinilai menjadi favorit wisatawan.

"Kalau wisata air, ada Pantai Marina, Taman Maerokoco, Pantai Tirang, dan Waduk Jatibarang. Ada juga Goa Kreo yang bisa jadi alternatif wisata alam dan sejarah," kata Ita, sapaan akrab Hevearita.

Baca juga: 6 Tempat Glamping di Semarang buat Liburan Akhir Tahun 

Menyambut tahun baru, Pemerintah Kota Semarang juga telah meluncurkan Calendar of Event 2024 yang berisi puluhan kegiatan pariwisata Kota Semarang.

Termasuk di antaranya 13 kegiatan wisata yang menjadi "the best event" atau kegiatan terbaik.

Rincian 13 kegiatan terbaik tersebut, yakni Nyadran Kali Kandri, Pasar Imlek Semawis, Dugderan, Festival Kreo, Semarang Night Carnival, Jateng Fair, Haul Ki Ageng Pandanaran, dan Festival Cheng Ho.

Kemudian, ada Semarang Flower Festival, Festival Kota Lama, Semarang Agro Expo, Pertunjukan Hari Wayang, dan Semarang 10K.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com