Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket dan Jam Buka Lawang Sewu Semarang Saat Libur Nataru

Kompas.com - 23/12/2023, 13:42 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Lawang Sewu merupakan salah satu ikon wisata di Kota Semarang. Jika berencana liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Semarang, sempatkan diri untuk mampir ke Lawang Sewu. 

Baca juga:

Obyek wisata ini, adalah gedung bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang berfungsi sebagai museum perkeretaapian di Indonesia.

Dulunya, bangunan ini digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta pada zaman kolonial, Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). 

Nama Lawang Sewu berarti seribu pintu dalam bahasa Jawa, karena bangunan ini memiliki pintu sangat banyak, meski jumlahnya tidak sampai seribu.

Lokasi Lawang Sewu sangat strategis di jantung kota, tepatnya di Jalan Pemuda Nomor 160, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Sebelum berkunjung simak dulu harga tiket dan jam buka Lawang Sewu Semarang berikut ini. 

Daya tarik Lawang Sewu 

Para wisatawan memenuhi halaman utama Lawang Sewu, Kota Semarang, Sabtu (7/5/2022).Sabrina Mutiara Fitri Para wisatawan memenuhi halaman utama Lawang Sewu, Kota Semarang, Sabtu (7/5/2022).

Pengunjung akan disambut dengan bangunan Lawang Sewu yang ikonik. Ciri khasnya adalah berupa elemen lengkung dan sederhana. 

Gedung Lawang Sewu dibangun secara bertahap, bangunan utama dimulai pada 27 Februari 1904 dan selesai pada Juli 1907. Bangunannya dirancang oleh arsitek terkenal Belanda yakni Jakob F. Klinkhamer dan B.J. Ouendag. 

Desain bangunan Lawang Sewu menyerupai huruf L, serta memiliki pintu yang banyak mencapai 928 buah, sebagai sirkulasi udara. Selain itu, obyek wisata ini dilengkapi dengan halaman yang luas serta taman yang tertata rapi. 

Kini, Lawang Sewu menjadi museum perkeretaapian di Indonesia. Sejumlah koleksi yang dipamerkan di museum ini antara lain, alkmaar, mesin edmonson, mesin hitung, mesin tik, replika lokomotif uap, surat berharga, dan lain-lain.

Baca juga:

Lawang Sewu juga menyajikan proses pemugaran gedung melalui foto, video, dan material restorasi. Mendekati pintu keluar, terdapat perpustakaan berisikan buku-buku tentang kereta api.

Selain menjadi tempat wisata sejarah, gedung Lawang Sewu juga dapat disewa untuk kegiatan pameran, ruang pertemuan, pemotretan, syuting, pesta pernikahan, festival, bazar, pentas seni, workshop, dan sebagainya. 

Guna menyambut liburan Nataru 2024, Lawang Sewu mengadakan sejumlah kegiatan menarik. Salah satunya, Cosplay Anime End Year Holiday yang akan digelar pada Minggu (24/12/2023). 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com