Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orang Rela Macet-Macetan Demi Liburan?

Kompas.com - 28/12/2023, 19:14 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak beberapa hari lalu, tepatnya dari Minggu (24/12/2023), kemacetan arus lalu lintas terjadi di Jalur Wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, berkaitan dengan periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru).

Kemacetan ini tidak hanya terjadi di jalur utama, tapi juga menjalar ke jalur alternatif atau jalur tikus. Hal ini dialami oleh pelaku perjalanan bernama Chacha, yang terjebak macet di jalan alternatif menuju Puncak Bogor.

Baca juga: Terjebak Macet Parah Saat Mau ke Puncak Bogor, Motor sampai Berasap

Bahkan, pada saat itu, Chacha bertolak ke Bogor bukan untuk liburan, melainkan untuk menghadiri kegiatan kampus di sebuah vila di daerah Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saya dari Bogor Kota, Pajajaran, ingin ke Villa Alesta. Waktu itu pukul 13.20 WIB, lewat jalan alternatif itu macetnya parah," kata Chacha kepada Kompas.com lewat pesan tertulis di media sosial X, Kamis (21/12/2023).

Chacha melanjutkan, dirinya sengaja memilih lewat jalur alternatif karena jarak yang ditempuh lebih dekat, dibanding harus lewat jalur utama arah Puncak.

Namun, di tengah perjalanan menuju lokasi, Chacha terjebak macet di tanjakan curam, yang mengharuskan dirinya menahan rem sepeda motor supaya tidak mengenai kendaraan milik pengguna jalan lainnya.

Baca juga:

Tempat wisata langganan macet tiap musim liburan

Kondisi arus lalu lintas kendaraan di Jalur Wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (25/12/2023) sore.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kondisi arus lalu lintas kendaraan di Jalur Wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (25/12/2023) sore.

Macet saat libur Nataru, khususnya di Bogor, tidak hanya terjadi tahun ini, tetapi juga tahun-tahun sebelumnya. Apalagi jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi Covid-19.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (23/12/2022), kemacetan terjadi di sejumlah titik pada periode libur Nataru 2022.

Sejumlah titik kemacetan, antara lain di Simpang Pasir Muncang, Pasir Angin Megamendung, Pasar Cisarua, dan Simpang Taman Safari. 

Sementara itu pada libur Nataru tahun ini, Polisi mencatat ada 110.000 lebih kendaraan yang bergerak masuk kawasan wisata Puncak Bogor, tepatnya pada 23-25 November 2023.

Adapun titik kemacetan ini terpantau pada Senin (25/12/2023) mulai dari Masjid Atta'awwun, Simpang Taman Safari, hingga arah bawah Simpang Gadog, dilansir dari Kompas.com, Senin (23/12/2023).

Baca juga: Yogyakarta Macet, 14 Kereta Ini Berhenti Luar Biasa di Stasiun Lempuyangan

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com