Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Masuk dan Jam Buka Rumah Atsiri Indonesia

Kompas.com - 06/01/2024, 11:08 WIB
Alma Erin Mentari,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumah Atsiri Indonesia merupakan pabrik penyulingan Cintronella terbesar se Asia Tenggara di tahun 1963. Namun, pada tahun 2015, PT Rumah Atsiri indonesia mengambil alih secara resmi.

Saat ini, kawasan bekas pabrik itu disulap menjadi wisata edukasi, toko wewangian, hingga glamping penginapan mewah.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di tempat wisata Jawa Tengah satu ini. Salah satunya, mengikuti kelas meracik minyak esensial.

Baca juga:

Kelas meracik minyak esensial di Rumah Atsiri Indonesia.DOK.rumahatsiri.com Kelas meracik minyak esensial di Rumah Atsiri Indonesia.

Di Rumah Atsiri Indonesia, ada laboratorium sains dengan peralatan lengkap untuk menghadirkan pengalaman menciptakan produk berbahan minyak atsiri oleh pengunjung.

Tak hanya menyediakan tempat dan fasilitas, ada pemandu yang dengan senantiasa membantu peserta workshop selama membuat minyak.

Kelas membuat minyak esensial tersebut diadakan selama 40-60 menit.

Selain membuat minyak esensial, pengunjung juga bisa merasakan membuat sabun mandi, minuman herbal, hingga hand cream dengan bahan dasar minyak atsiri.

Tertarik untuk mampir ke wisata Karanganyar, Jawa Tengah ini?  Ketahui tiket masuk dan jam buka Rumah Atsiri agar tidak sampai salah.

Salah satu sudut kebun aromatik di Rumah Atsiri Indonesia, Karanganyar, Jawa Tengah.DOK.rumahatsiri.com Salah satu sudut kebun aromatik di Rumah Atsiri Indonesia, Karanganyar, Jawa Tengah.

Tiket masuk Rumah Atsiri Indonesia

Setiap pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berlibur beda di Rumah Atsiri Indonesia wajib membeli voucher dengan saldo minimal Rp 50.000.

Nantinya, saldo tersebut bisa digunakan untuk mengikuti atau sekedar menikmati suasana di setiap sudut atau aktivitas yang ada di sana.

Seperti masuk ke Museum, menikmati aneka menu makan dan minum di restoran, membeli produk berbahan minyak atsiri, hingga mengikuti workshop.

Ada beberapa penawaran khusus bagi pengunjung yang belum pernah ke Rumah Atsiri Indonesia. Salah satunya, Rumah Atsiri & Atsiri Jawa Day Trip.

Program tersebut merupakan perjalanan satu hari mengenal tempat wisata Jawa Tengah tersebut. Seperti,

  • Tur rumah atsiri
  • Tur kebun aromatik
  • Edukasi tentang penyulingan minyak atsiri
  • Tur museum atsiri
  • Minum dan makan ringan
  • Menu makan siang Tata Tumpeng
  • Workshop meracik jamu herbal

Nantinya, akan ada pemandu yang selalu mendampingi pengunjung selama melakukan tur satu hari. Hanya perlu minimal dua orang untuk bisa mengikutinya.

Tampilan rumah kaca di Rumah Atsiri Indonesia, Karanganyar, Jawa Tengah. DOK/rumahatsiri.com Tampilan rumah kaca di Rumah Atsiri Indonesia, Karanganyar, Jawa Tengah.

Lokasi Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri berdiri di lahan seluas 2,5 hektar di Jalan Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganya, Jawa Tengah.

Jam buka Rumah Atsiri Indonesia mulai pukul 10.00-17.00 WIB. Semua workshop yang ditawarkan diajakan setiap 1 jam. Mulai pukul 11.00-15.30 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com