Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Destinasi Wisata Imlek Dalam Negeri dari Kemenparekraf

Kompas.com - 30/01/2024, 12:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyiapkan peta perjalanan atau travel pattern menjelang libur Tahun Baru Imlek bagi wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

Menparekraf Sandiaga Uno saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (29/1/2024) menjelaskan, libur panjang menyambut Tahun Baru Imlek mempunyai potensi besar dalam mendatangkan wisman dan pergerakan wisnus.

Baca juga:

“Pemerintah tahun 2024 ini menargetkan kunjungan 14,3 wisman dan 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus," jelas Sandiaga.

"Kami telah membuat peta perjalanan yang meliputi destinasi wisata Jakarta, Surakarta (Solo), Semarang, Palembang, dan Singkawang,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, kawasan Pecinan yang merupakan salah satu kawasan wisata populer yang ada di setiap kota di Indonesia, memiliki keunikan khas dan menarik perhatian banyak wisatawan. 

Pada kawasan Pecinan, ragam budaya Tionghoa terasa sangat kental, mulai dari pintu gerbang, bangunan, heritage, tempat ibadah, aksesori, hingga kuliner. 

“Kawasan wisata Pecinan sarat dengan budaya masyarakat Tionghoa di Indonesia berupa peninggalan bangunan, kegiatan sehari-hari masyarakat, atraksi wisata seperti pusat kuliner dan pertokoan,” ujar Menparekraf.

Kemenparekraf merekomendasikan kawasan wisata Pecinan, menyambut Tahun Baru Imlek dan perayaan Cap Go Meh antara lain Glodok-Petak Sembilan Jakarta yang memiliki banyak situs wisata sejarah dan religi seperti Klenteng Toa Se Bio dan  Jin De Yuan, Pasar Petak Sembilan, Gang Gloria, dan acara Kirab Toa Pe Kong. 

Patung Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong SemarangSusanto Jumaidi/Kompas.com Patung Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Kemudian ada destinasi wisata Pecinan di kawasan Kauman, Semarang Tengah, dengan tradisi perayaan Cap Go Meh arak-arakan patung Sam Poo Kong dari kuil Tay Kak Sie ke Gedung Batu. 

Destinasi wisata Pecinan lainnya ada di kawasan Pasar Gede Solo yang akan menggelar atraksi Grebeg Sudiro yang berlangsung 28 Januari-10 Februari 2024.

Sementara itu di Sumatera terdapat destinasi wisata Pulau Kemaro Palembang l sebagai salah satu obyek wisata andalan Kota Palembang dengan tradisi kesenian barongsai, wayang orang Tiongkok dan kesenian tradisional lain.

Terakhir ada destinasi wisata yang masuk dalam Karisma Event Nusantara yaitu Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat, yang dikenal dengan kota seribu vihara/klenteng yang akan dilaksanakan pada 10-24 Februari 2024.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com