Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak Terlalu Berat, 12 Barang Ini Tak Perlu Dibawa Saat Bepergian

Kompas.com - 25/02/2024, 07:07 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber USA Today

KOMPAS.com - Seringkali saat bepergian jauh, kita akan membawa banyak hal, mulai dari baju, perlengkapan mandi, hingga alat makeup.

Tapi untuk menghindari barang bawaan yang semakin berat, rasanya kita perlu memilah ulang barang bawaan agar nantinya tidak membuat kesusahan diri sendiri.

Baca juga: Swissôtel Nusantara, Hotel Mewah Pertama di IKN Warisi Keramahan Swiss

Berikut ini Kompas.com rangkum daftar barang yang sebaiknya tidak dibawa selama bepergian ke mana pun itu:

1. Buku dan majalah

Buku dan majalah sudah tidak diperlukan lagi pada zaman digital seperti sekarang karena hanya akan memenuhi tas dan menambah berat bawaan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Anda bisa membaca buku atau majalah lewat smartphone, sehingga lebih simpel membuat barang bawaan Anda menjadi lebih ringan.

2. Pasangan baju yang berbeda-beda

Memang menyenangkan jika kita mempunyai banyak opsi baju jika ingin bepergian. Namun, lebih baik jika membawa baju yang bisa di mix and match agar tidak memenuhi koper. Jika takut kehabisan baju bersih Anda bisa mencoba laundry atau cuci menggunakan tangan.

3. Jins

Pakaian dengan bahan denim atau jins, memang jadi favorit untuk dikenakan sebagian orang. Namun, lebih baik tidak usah dibawa saat bepergian. Itu karena denim adalah bahan yang sangat berat dan memakan banyak ruang karena susah dilipat.

Celana jins di Pasar SenenKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Celana jins di Pasar Senen

Jadi ada baiknya untuk membawa satu pasang denim saja, dan bawa jenis celana lainnya seperti legging, linen, khakis, dan bahan yang sekiranya ringan.

4. Perlengkapan mandi

Daripada membawa perlengkapan mandi sendiri, Anda bisa mengambil alternatif dengan membawa perlengkapan mandi gratis yang biasanya telah disediakan oleh hotel. Contohnya seperti sabun, shampo, sikat gigi, dan pasta gigi.

5. Makeup berlebihan

Tak usah membawa perlengkapan makeup terlalu banyak. Lebih baik bawa peralatan makeup yang memang Anda pakai setiap hari. Jika bisa, bawalah make up yang berukuran mini.

6. Pengering rambut

Tinggalkan pengering rambut berukuran besar, sehingga bisa memakan ruang. Kebanyakan hotel saat ini telah menyediakan pengering rambut di setiap kamarnya. Namun, pastikan juga terlebih dahulu ke tempat penginapan yang akan dituju.

Ilustrasi pengering rambutSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengering rambut

Jika tempat penginapan Anda tidak menyediakan pengering rambut, setidaknya bawa pengering rambut yang berukuran lebih kecil.

7. Peralatan elektronik lebih dari dua

Bawalah peralatan elektronik Anda secukupnya, kecuali Anda sedang dalam perjalanan bisnis, tetap batasi barang bawaan setidaknya dua saja.

Baca juga: Hati-Hati, Alat Pengering Kutek Dapat Tingkatkan Risiko Kanker

Alasan pembatasan dalam membawa peralatan elektronik ini adalah Anda bisa saja terganggu secara terus menerus oleh gawai Anda dan tidak bisa menikmati liburan secara optimal.

8. Aksesori mahal

Jangan pernah membawa atau memakai aksesori mahal. Selain menjadi target mudah bagi para pencuri, kesempatan Anda untuk kehilangan barang tersebut pada saat bepergian sangatlah tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com