Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap ke Kafe Istana Merdeka, Simak Sebelum Berkunjung

Kompas.com - 26/02/2024, 18:00 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika punya waktu luang, cobalah mampir ke kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Di sana ada kafe yang bisa dikunjungi masyarakat umum, namanua Merdeka Lounge.

Mulanya, Merdeka Lounge dibuka untuk karyawan kantor Kementerian Sekretariat Negara dan Istana Merdeka pada Februari 2023.

Namun melihat animo pengujung yang meningkat, alhasil sekitar dua bulan setelahnya Merdeka Lounge dibuka untuk masyarakat umum.

Baca juga:

Meskipun berada di kawasan pejabat, harga makanan dan minuman yang ditawarkan di sini relatif merakyat.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Panduan lengkap ke kafe Istana Merdeka

Bila dalam waktu dekat hendak berkunjung ke Merdeka Lounge, simak panduan yang Kompas.com rangkum berikut sebelum datang:

Lokasi Merdeka Lounge

Merdeka Lounge berada di area kantin Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Veteran RT 2/ RW 3, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Calon pengunjung bisa masuk ke area Kementerian Sekretariat Negara lewat pintu Majapahit. Setelah melewati pemeriksaan petugas dan menukarkan akses masuk, jalan lurus hingga bertemu area kantin. Lokasi Merdeka Lounge tidak jauh dari pintu masuk gerbang Majapahit.

Jam buka Merdeka Lounge

Waktu operasional Merdeka Lounge menyesuaikan dengan hari kerja kantor Kementerian Sekretariat Negara, yakni buka setiap Senin sampai Jumat.

Baca juga: Santap Siang di Kafe Istana Merdeka, Harganya Merakyat

"Buka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sabtu, Minggu, dan ibur nasional tutup," kata Manager Merdeka Lounge, R.M Famor Kertapati kepada Kompas.com di lokasi, Kamis (22/2/2024).

Harga menu di Merdeka Lounge

Kata Famor, makanan dan minuman yang ditawarkan di Merdeka Lounge beragam, mulai dari makanan khas Indonesia hingga Western.

Merdeka Lounge, kafe di dalam kawasan Istana Merdeka, Kamis (22/2/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Merdeka Lounge, kafe di dalam kawasan Istana Merdeka, Kamis (22/2/2024).

Salah satu makanan andalan di Merdeka Lounge yaitu Sop Iga Bakar. Pilihan makanan lainnya ada aneka nasi goreng, rice bowl, pancake, dan pisang goreng aren.

Sementara untuk minuman, tersedia aneka kopi khas Nusantara. Saat ini Merdeka Lounge menggunakan biji kopi dari Temanggung dan Tanah Karo.

Baca juga: Aturan ke Kafe Istana Merdeka, Wajib Tukar Akses dengan KTP

"Minuman di sini lebih kuat pada sajian kopi. Kopi yang disajikan kita olah dari hulu sampai ke hilir," kata dia. Harga makanan di Merdeka Lounge dibanderol mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 40.000 an. Sedangkan untuk harga minuman dibanderol mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 35.000.

Aturan ke kafe Merdeka Lounge

Berdasarkan informasi dari instagram resmi Merdeka Lounge @merdekalounge, dan pengalaman Kompas.com saat berkunjung ke lokasi pada Kamis (22/2/2024), berikut beberapa aturan yang wajib dipatuhi:

1. Pakai pakaian rapi

Pengunjung wajib memakai pakaian yang rapi dan sopan saat masuk ke kawasan Istana Merdeka. Dalam hal ini dilarang memakai sendal dan celana jins.

Creamy Merdeka Latte di Merdeka Lounge, Kamis (22/2/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Creamy Merdeka Latte di Merdeka Lounge, Kamis (22/2/2024).

Sebagai saran, calon pengunjung bisa memakai celana kulot, celana berbahan dasar, ataupun rok. Serta, tidak ada kewajbian untuk memakai pakaian bernuansa batik ke dalam kawasan Merdeka Lounge.

2. Wajib tukar akses

Pengunjung yang hendak ke Merdeka Lounge bisa masuk dari pintu Majapahit Kementerian Sekretariat Negara. Setelah itu belok kiri dan masuk ke area pemeriksaan petugas.

Di area pemeriksaan, pengunjung dapat memberitahukan tujuan kunjungan ke Merdeka Lounge. Nantinya akan diminta mengisi buku tamu dan pengunjung wajib menukar akses dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca juga: 4 Tips ke Kafe Istana Merdeka, Jangan Lupa Bawa KTP

Kartu akses tamu tersebut wajib dipakai saat berada di dalam kawasan Istana Merdeka, dan hanya berlaku untuk satu lokasi tujuan saja. Kartu tersebut nantinya wajib dikembalikan saat keluar dari kawasan Istana Merdeka.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com