Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Toba Jadi Lokasi F1 Powerboat pada 2-3 Maret 2024

Kompas.com - 27/02/2024, 17:03 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Danau Toba di Sumatera Utara menjadi tuan rumah kejuaraan dunia F1 Powerboat yang digelar pada awal Maret 2024 mendatang, tepatnya dari Sabtu (2/3/2024) sampai Minggu (3/3/2024).

Ini merupakan kali kedua Danau Toba menerima kedatangan pembalap perahu motor dari berbagai negara. Sebelumnya, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Sumatera Utara ini juga menjadi tuan rumah F1 Powerboat 2023.

"Kali ini, race (perlombaan) akan dilaksanakan pada pagi hari sebelum lunch time (makan siang) supaya ombaknya lebih tenang," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

Sementara itu, pada siang harinya, diadakan kejuaran nasional jetski yang menjadi ajang awalan Aquabike Jetski World Championship.

Bersama dengan kompetisi dunia ini, ada juga kompetisi Solu Bolon terbesar di Indonesia dari delapan kabupaten dan penampilan khusus dari budaya stempat.

Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Troy Reza Waroka menyampaikan, persiapan F1 Powerboat di Danau Toba hampir 100 persen.

Baca juga:

Danau Toba menjadi tuan rumah kejuaraan dunia F1 Powerboat yang digelar pada  2-3 Maret mendatang.Kompas.com/Krisda Tiofani Danau Toba menjadi tuan rumah kejuaraan dunia F1 Powerboat yang digelar pada 2-3 Maret mendatang.

Sejak pekan lalu, sudah ada pembalap yang mendarat di Bandara Silangit, Sumatera Utara. Begitu juga dengan kru dan perlengkapan dalam 15 kontainer, dengan berat masing-masing 120 ton.

"Kami juga melibatkan warga, termasuk anak-anak sekolah. Akan banyak rangkaian kebudayaan yang melibatkan warga sekitar karena mereka sudah antusias," kata Troy.

Troy melanjutkan, banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) yang terlibat dalam acara ini untuk membantu meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Ini belum mulai saja, sudah pasti ada transaksi akomodasi, UMKM, makanan, oleh-oleh," ujarnya.

Tiket F1 Powerboat dijual secara daring via tiket.com, dan tersedia secara luring di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Toba mulai Selasa (27/2/2024).

Kategori tiket F1Powerboat Danau Toba dibagi menjadi Festival seharga mulai Rp 200.000, Grandstand A mulai Rp 500.000, dan Grandstand B mulai Rp 500.000.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com