Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Dapat Tambahan Anggaran Promosi Pariwisata

Kompas.com - 31/03/2015, 15:48 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) untuk Provinsi Aceh menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya kurang menantang.

"Targetnya 40 ribu untuk wisman. Menurut saya kurang menantang, minimal 100 ribu," katanya saat peluncuran pariwisata Banda Aceh sebagai "World Islamic Tourism", di Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata menetapkan target kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) sebesar 1 juta dan wisman sebesar 100.000 untuk Aceh. Menurut Arief, jika dihitung secara pendapatan dari kunjungan wisnus dan 100.000 wisman, maka Aceh bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rp 2 triliun.

Sementara itu, seperti diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Aceh Reza Pahlevi, anggaran pengembangan destinasi promosi Provinsi Aceh adalah Rp 10 miliar. Menurut Arief, anggaran tersebut kurang.

"Kita dukung untuk pariwisata Aceh, (pengembangan) destinasi dan promosi, untuk provinsi (Aceh) kita tambah Rp 10 miliar," tutur Arief.

Selain itu, untuk mengembangkan SDM, Arief juga meminta Pemprov Aceh bisa mengirimkan 100 anak muda untuk mendapatkan pendidikan pariwisata di Jakarta, sehingga bisa disertifikasi di bidang pariwisata.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com