Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota "Anti-mainstream" di Eropa Favorit Liburan Keluarga

Kompas.com - 02/06/2016, 18:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlahan, turis bergeser dari kota-kota besar seperti Paris dan Amsterdam menuju destinasi anti-mainstream di Eropa. Berikut 10 kota kecil yang kini jadi favorit untuk liburan keluarga.

Survei tersebut dikeluarkan situs pemesanan hotel Agoda, dihimpun berdasarkan 50.000 ulasan selama 2015 hingga awal 2016. Dari data tersebut, diketahui 10 destinasi di Eropa yang jadi favorit liburan keluarga.

Siapa sangka, kota-kota mungil nan cantik menggeser beberapa destinasi mainstream seperti Paris dan London. Buktinya, yang menduduki peringkat pertama adalah Monstar di Bosnia.

"Pelancong yang lebih berpengalaman dan independen mulai melirik kota-kota lain yang menawarkan kisah sejarah dan pengalaman budaya yang lebih otentik," tutur John Brown, Direktur Pelaksana Operasional Agoda.com dalam rilis yang diterima KompasTravel, Rabu (1/6/2016).

Monstar adalah kota mungil yang dulu menjadi sasaran bom pada masa perang dan terpisahnya Yugoslavia. The Old Bridge, jembatan bergaya Ottoman (Usmaniyah) menjadi ikon kota mungil nan cantik ini.

Peringkat kedua diduduki kota mungil di Kroasia yakni Slunj. Peringkat tiga ditempati Matera di Italia, yang jadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Beberapa kota lainnya berada di Austria, Irlandia, dan Montenegro. Sepuluh kota tersebut berada di negara yang juga anti-mainstream, tidak seperti Inggris atau Belanda yang merupakan destinasi wisata populer. Mayoritas negara-negara ini berada di kawasan Eropa Timur, dengan kekayaan alam dan aktivitas olahraga seperti ski sebagai daya tariknya.

Berikut 10 kota mungil anti-mainstream di Eropa favorit liburan keluarga berdasarkan survei Agoda.com:

1. Monstar, Bosnia

2. Slunj, Kroasia

3. Matera, Italia

4. Wagrain, Austria

5. Dreznik Grad, Kroasia

6. Doolin, Irlandia

7. Tivat, Montenegro

8. Montepulciano, Italia

9. San Anton am Arlberg, Austria

10. Kotor, Montenegro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com