Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda “i”, Penyelamat Para Wisatawan yang Tersesat di Melbourne

Kompas.com - 08/08/2016, 20:11 WIB
Caroline Damanik

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com – Meski sudah berbekal peta atau GPS, kadang tersesat tidak bisa dihindari ketika berkunjung ke tempat baru.

Namun, sebagai kota yang menyandang predikat layak huni selama 5 tahun berturut-turut hingga tahun 2015, Melbourne sama sekali bukan tempat yang menakutkan jika tersesat. Keramahan warga sekitar dan akses informasi yang memadai akan segera menjadi jalan keluar yang menggembirakan.

Jika tersesat atau membutuhkan informasi mengenai suatu tempat di Melbourne, jangan segan-segan bertanya kepada orang-orang di sekeliling. Mereka akan membantu setiap orang yang bertanya dengan hangat.

Namun, jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang Melbourne, segeralah mencari gambar huruf “i” kecil berwarna kuning dengan latar belakang biru tua. Gambar itu bisa tertera di gedung atau bahkan di bagian belakang kaus yang dikenakan oleh seseorang di pinggir jalan.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Suasana di dalam ruangan utama Melbourne Visitor Center di Federation Square, Melbourne, Victoria, Australia.
Gambar tersebut merupakan simbol dari pusat informasi di Melbourne yang biasa disebut Melbourne Information Center.

Di pusat Melbourne, tepatnya di kawasan Federation Square, gambar tersebut besar-besar terpampang di samping tulisan Melbourne Information Center pada sebuah bangunan dengan fasad kaca. Letaknya persis di seberang Flinders Station.

Siang itu, pada akhir Mei 2016, suasana ruangan di balik dinding kaca itu tampak sepi. Jangan tertipu, ruangan utama dari pusat informasi ini justru berada di bawah tanah.

Di lantai tersebut, ada satu atau dua petugas yang siap membantu menjawab pertanyaan. Namun, jika mereka sedang melayani tamu lain, siapa pun bisa langsung menuju ruangan utama di bawah.

Tangga turun persis berada di samping meja petugas. Ketika berbelok pada kelompok anak tangga berikutnya, ruangan bawah tanah yang luas dan terang benderang terpampang di depan mata.

Suasana di dalam ruangan seperti galeri. Banyak rak yang berisi brosur dan buku saku mengenai Melbourne dan sekitarnya atau rute layanan transportasi di dinding kanan dan kiri. Rak menempel di dinding berbaur dengan layar-layar televisi yang memutar informasi-informasi ringan dengan topik yang sama.

Para wisatawan bisa menemukan brosur atau buku saku yang sesuai dengan kebutuhannya dan mengambilnya gratis.

KOMPAS.com/Caroline Damanik Area penjualan suvenir di Melbourne Visitor Center di Federation Square, Melbourne, Victoria, Australia.
Jika belum puas dengan informasi tertulis yang dibaca, para pengunjung bisa mendatangi meja besar serupa island di tengah ruangan. Ada sejumlah petugas yang menunggu di balik meja itu untuk melayani para tamu. Lagi-lagi, lambang huruf “i” berwarna kuning dan berlatar belakang biru tua kembali terpampang.

Namun, sebelum bertanya ke mereka, silakan mengambil nomor antrean di mesin yang terletak persis dekat tangga tadi. Setiap nomor berganti akan terpampang di depan meja petugas dalam layar digital nan mungil.

Mereka lalu akan menanyakan informasi yang dibutuhkan oleh para wisatawan yang datang. Jika para petugas di balik meja tidak bisa menjelaskan lebih jauh atau mengalami kendala bahasa, maka ada supervisor yang akan membantu mereka menjelaskannya kepada para pengunjung.

Di tempat ini, berbagai informasi bisa didapat, mulai dari acara, lokasi suatu tempat, atau rute transportasi, hingga reservasi untuk transportasi, penginapan atau paket tur bisa dilakukan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com