Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Siswa Ikuti Wisata Keliling Rumah Ibadah di Jakarta

Kompas.com - 15/06/2017, 12:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan siswa-siswi sekolah menengah dari Jakarta dan sekitarnya mengikuti wisata ke rumah ibadah lima agama di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Mereka berkumpul di Gereja Kristen Immanuel sejak pukul 07.30 WIB. Siswa-siswa itu mengunjungi Gereja Kristen Immanuel, Gereja Katolik Katedral, Mesjid Istiqlal, Pura Adhitya Jaya Rawamangun, dan Kuil Hoseji dalam acara yang bertajuk "Wisata Rumah Ibadah".

Mereka mengawali kegiatan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, mereka duduk di dalam gereja dan mendengarkan penjelasan dari perwakilan Gereja Immanuel.

(BACA: Gawi, Tarian Toleransi dari Flores)

Ketua Panitia Wisata Rumah Ibadah, Arie Hastuari mengatakan tujuan acara ini untuk menyebarkan semangat perdamaian dan toleransi di Indonesia melalui anak-anak.

Setiap tempat ibadah para siswa akan mendapatkan penjelasan dari pemuka agama dan berkeliling tempat ibadah.

"Sebenarnya kami ingin anak-anak mengenal rumah ibadah. Isinya seperti apa, simbol agama seperti apa, esensinya bagaimana," kata Arie kepada KompasTravel di Gereja Immanuel, Jakarta.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Siswa-siswa sekolah menengah di Jakarta dan sekitarnya mengunjungi Gereja Kristen Immanuel, Gereja Katolik Katedral, Masjid Istiqlal, Pura Adhitya Jaya Rawamangun, dan Kuil Hoseji dalam acara bertajuk Wisata Rumah Ibadah, Kamis (15/6/2017).
Ia mengatakan acara Wisata Rumah Ibadah diikuti oleh siswa berbagai agama. Rata-rata usia siswa yang mengikuti wisata itu berkisar 15-18 tahun.

"Acara ini merupakan komunitas barengan antara Komunitas Bhinneka, Sekar Nusa, dan kami juga didukung pemerintah DKI dalam hal ini Dinas Perhubungan dengan pengadaan bus sekolah," tambahnya.

Acara Wisata Rumah Ibadah berlangsung selama satu hari hingga maghrib. Perjalanan menuju rumah-rumah ibadah menggunakan bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com