Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Nasi Lemak yang Jadi Tema Kostum Miss Malaysia

KOMPAS.com - Miss Malaysia Samantha Katie James akan mengenakan pakaian bertema nasi lemak sebagai kostum nasional dalam ajang pemilihan ratu sejagat di Las Vegas. Ajang bergengsi itu akan digelar pada bulan ini.

Netizen pun ramai membicarakan hal ini. Nasi lemak adalah salah satu makanan kebanggaan Malaysia, sekaligus salah satu kekayaan kuliner asal Sumatera.

Ahli kuliner Betawi, Pudentia, mengatakan bahwa nasi lemak terlebih dahulu hadir di tanah Sumatera, langsung dari bangsa Melayu yang datang pasca kedatangan Portugis di Malaka.

Nasi lemak wajib menggunakan lauk dengan bumbu rendang. Bisa rendang ayam, ataupun rendang daging sapi. Selain itu nasi lemak juga dilengkapi dengan sambal teri kacang, dan telur balado. Anda juga bisa menambahkan sedangkan sayur, mentimun,  perkedel, kerupuk, maupun ikan goreng. 

Nasi Lemak dan Nasi Uduk

Banyak kesamaan antara nasi lemak dan nasi uduk. Pudentia mengatakan, nasi uduk juga berasal dari bangsa Melayu yang datang ke Jakarta kemudian bertemu orang Jawa yang menyerang VOC pada masa itu.

"Kebudayaan Jawa masuk, tahun 1628-1629 saat Kerajaan Mataram menyerang VOC. Jadi di Betawi ada orang Melayu dan orang Jawa. Lalu menghasilkan nasi uduk," jelasnya saat diskusi kuliner betawi di Bentara Budaya Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal serupa dikemukakan oleh Murdijati Gardjito, ahli gastronomi sekaligus peneliti di Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada.

"Nasi lemak di Sumatera dan nasi uduk di Jakarta itu sama-sama dari jenis nasi gurih yang diolah dengan cara liwet," ujarnya kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Kedua makanan tersebut memang memiliki banyak kesamaan. Mulai dari sejarah kedatangan hingga pengolahannya. Keduanya berasal dari bangsa Melayu, yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan kolonial.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/03/190300827/mengenal-nasi-lemak-yang-jadi-tema-kostum-miss-malaysia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke