Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pulau Romantis untuk Dikunjungi Bersama Pasangan

Dengan suasana yang sunyi, pemandangan yang indah, ataupun punya kisah legenda yang amat romantis. Lima pulau hasil kurasi KompasTravel ini memiliki keunggulan-keunggulan tersebut.

Berikut 5 pulau romantis untuk dikunjungi bersama pasangan Anda:

1. Pulau Cinta

Berlokasi di Provinsi Gorontalo, destinasi wisata bahari ini tergolong baru. Sehingga alam dan infrastrukturnya masih amat terjaga.

Pulau Cinta tersebut memang berbentuk "love", ditemukan oleh masyarakat Kabupaten Boalemo saat masih tak berpenghuni. Kini pulau cantik tersebut dihiasi 15 cottage (eco resor) yang dibangun dengan konsep mengelilingi pulau tersebut.

Pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam cukup memukau. Airnya pun jernih dengan ikan-ikan laut yang berseliweran di bawah cottage Anda.

Berkunjung ke sini cukup mudah, karena berdampingan dengan pantai Bolihutuo, tempat wisata yang sudah lebih dahulu dikembangkan. Wisatawan bisa menyeberang dari pantai tersebut dengan kapal nelayan, selama lima menit saja.

2. Pulau Bintan

Pulau yang berada di Provinsi Kepulauan Riau sudah terkenal sejak zaman kolonial sebagai tempat berlibur yang romantis. Selain pantai-pantainya yang bersih, air yang jernih, tidak riuh ramai kendaraan, juga menyuguhkan pemandangan yang eksotis.

Pulau Bintan penuh fasilitas yang cocok untuk berbulan madu, seperti resor, private beach dan restoran dengan nuansa romantis. Biasanya, pasangan yang datang berlibur di pulau ini menghabiskan waktu mereka di berbagai resor eksotis yang tersebar di sepanjang pulau dengan harga yang beragam.

Mulai yang berstandar internasional seperti Club Med dan Bintan Resort. Keduanya cukup terkenal di mancanegara, dan kerap jadi tempat berlibur artis internasional. Namun banyak juga resor-resor bagus yang dikelola lokal dan berbiaya cukup terjangkau.

3. Pulau Kanawa

Pulau kecil ini berada dalam lokasi Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini menyimpan banyak keindahan alam yang masih tersembunyi. Kerahasiaannya itu yang membuatnya semakin romantis, bak hanya orang spesial yang Anda ajak ke tempat tersebut.

Keindahan pantai sangat memukau sampai-sampai Anda tak perlu menyelam untuk melihat berbagai ikan eksotis seperti Barakuda, Napoleon Fish, atau bahkan Hiu Karang. Terumbu karang yang berkilau indah pun bisa Anda lihat dengan jelas dari pesisir pantai.

Tak jauh dari Pulau Kanawa, Anda bisa mengunjungi Pink Beach, dengan speed boat. Pink Beach merupakan daya tarik lain dari Taman Nasional Komodo yang telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia

4. Pulau Moyo

Pulau sepi nan eksotis ini berada di Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo memang terkenal sebagai “tempat wisata bulan madu”, sangat tepat datang bersama pasangan Anda.

Keadaan alam yang sangat terjaga merupakan keunggulan tempat ini. Di sore hari, Anda bisa mendengarkan deburan ombak dan suara burung-burung laut.

Sedangkan di pagi hari, udara sejuk dan kicauan serangga akan membuat Anda lebih bersemangat untuk memulai hari dan menjelajahi pulau ini. Anda bisa menjelajahi hutan rimba bersama pasangan, berkunjung ke air terjunnya yang indah.

Yang tak kalah unik, di musim tertentu, ada beragam jenis kupu-kupu berterbangan di sekitar resor.

5. Takabonerate

Taman Nasional Takabonerate, memiliki legenda kisah romantis yang tercermin hingga saat ini. Sebut saja kisah cinta Sawerigading dan juga kisah percintaan Datu Museng dan Maipa Deapati.

Kisah kisah romantisme tersebut seolah tergambarkan dalam keindahan alam di Taman Nasional ini.

Berlokasi di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan ini merupakan atol terbesar ketiga di dunia. Takabonerate memiliki biodiversitas biota dan terumbu karang begitu beragam.

Pasangan yang berlibur ke taman nasional ini bisa mengunjungi berbagai pulau dengan kapal feri. Mulai dari Pulau Selayar hingga Pulau Tinabo. Jangan lupa mampir ke Tanaberu untuk melihat pembuatan kapal phinisi.

https://travel.kompas.com/read/2018/02/14/163900427/5-pulau-romantis-untuk-dikunjungi-bersama-pasangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke