Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kastil Ini Bukti Jepang Punya Kerajaan Besar di Okinawa

Okinawa, daerah yang paling selatan di Jepang, punya sejarahnya sendiri yang tidak kalah besar. Bahkan bisa jadi lebih tersohor di zamannya.

Hal ini bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Kastil Shurijo, atau Shurijo Castle. Kastil yang sangat megah ini merupakan bukti sejarah tebaik dari kemegahan Kerajaan Ryukyu di selatan Jepang.

Kastil dengan lebih dari 14 bangunan ini berdiri di di 1-2 Kinjo-Cho, Shuri, Kota Naha, Okinawa, Jepang. Hanya enam kilometer dari Bandara Internasional Naha, Okinawa.

KompasTravel sempat mengunjungi kastil tersebut bersama Okinawa Convention & Visitors Berau (OCVB) dengan penerbangan Jetstar rute Jakarta-Okinawa via Singapura.

"Lalu semuanya bersatu dibawah kekuasaan Ryukyu Kingdom abad 14, dan berpusat di kastil ini," kata Ai Munakata pada KompasTravel di Kastil Shurijo, Sabtu (30/6/2018).

Ia menunjukan bahwa kastil ini masuk ke warisan budaya dunia versi UNESCO sejak tahun 2000, sebagai Warisan Budaya Dunia ke-11.

"Shurijo Castle dibangun sejak abad ke 14, seluruh bangunannya jadi bukti masa kejayaan Kerajaan Ryukyu, dan pengaruh-pengaruh budayanya," kata Ai Munakata.

Beberapa gerbang tersebut ialah Kankaimon Gate, Zuisenmon Gate, Roukokumon Gate, Kobikimon Gate, dan lainnya.

Sepanjang jalan itu pula ditemukan benda dan bangunan yang membuktikan keunggulan Ryukyu pada masanya. Seperti jam matahari yang digunaan sejak 1739, dan lonceng raksasa sejak 1458.

Dahulu Kerajaan Ryukyu menggunakan kastil ini 500 tahun, hingga Raja Sho Tai yang terakhir. Selama itu kerajaan banyak berbisnis dengan China, Jepang, dan Asia Tenggara.

Di bangunan perpaduan tersebut, maskot yang digunakan di atas atap bukanlah singa shisa yang merupakan lambang dewa di Okinawa, melainkan naga yang merupakan ikon China.

"Sedangkan liat atap depannya melengkung, ini khas dari kastil-kastil di Jepang," jelas Ai Munakata sembari menujukan gambar kastil-kastil Jepang.

Seolah tidak ada habisnya jika menjelajahi megahnya kastil ini. Bisa dibayangkan pada zamannya terdapat ratusan prajurit yang menjaga di tiap gerbang, mengabdi pada raja, dan jadi pasukan perang yang andal.

Kastil ini punya jam buka yang unik, di bulan April-Juni buka mulai 8.30-19.00, Juli-September 8.30-20.00, Oktober-November 8.30-19.00, dan Desember-Maret pukul 8.30-18.00 waktu setempat.

https://travel.kompas.com/read/2018/07/04/161201827/kastil-ini-bukti-jepang-punya-kerajaan-besar-di-okinawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke