Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keindahan Goa Kristal di Kupang Memukau Wisatawan

"Tolong foto saya," kata beberapa pemuda setempat yang tengah berada di kolam air Goa Batu Kristal.

Mereka terlihat asyik saat bermain di Goa Kristal. Satu persatu dari mereka berkecipak di air dan tertawa riang seakan berada di kolam renang pribadi.

Sepintas, tak ada yang menyangka ada kolam air dengan gradasi warna biru muda dan tua bila dilihat dari mulut goa. Apalagi, bila tak ada cahaya yang menerangi kolam.

Kolam air tersembunyi di balik celah bebatuan karst goa. Kolam itu memanjang dari utara hingga selatan dengan ukuran sekitar 10 meter x 3 meter. Untuk menjangkaunya, perlu usaha ekstra karena harus menuruni batuan licin sekitar 20-25 meter.

Namun, saat tiba di kolam, kekhawatiran karena takut terpeleset akan terbayar penuh dengan keindahan.

Keunikan Goa Kristal terletak pada kolam mungil yang berkedalaman hingga lebih dari 8 meter. Airnya sangat bersih dan cukup dingin. Tak ada lumpur dan sampah apa pun di dalam goa.

Untuk mencapai Goa Kristal, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 150 meter untuk menuju mulut goa dari tempat parkir kendaraan.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan melintasi jalan batuan karang berwarna kehitaman dan pepohonan. Bila musim kemarau, terik matahari menjadi teman perjalanan.

Goa Kristal berada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata itu bisa ditempuh sekitar 45 menit arah barat Kota Kupang dengan kendaraan roda dua.

Ery Rizki (27), pemandu wisata sekaligus penjaga Goa Kristal mengatakan keindahan Goa Kristal mulai terkenal di kalangan wisatawan sejak tahun 2009.

Sebelumnya, Goa Kristal hanya dimanfaatkan untuk keperluan mencuci pakaian oleh warga setempat.

"Dari dulu sebelum kita lahir sudah ramai di sini (Goa Kristal). Karena waktu itu cuma dari luar negeri saja yang tahu tempat ini. Dari luar negeri datang baru ceritakan di media sosial begitu. Mereka sebarkan lalu terkenal makanya ramai," kata Ery saat ditemui wartawan.

"Biasanya ramai bulan Juli. Kalau yang lokal, biasanya akhir pekan ramai," tambahnya.

Air di Goa Kristal terasa payau (campuran air tawar dan air laut). Menurut Ery, air di dalam goa memang tersambung hingga ke laut yang berjarak kurang dari 250 meter dari goa.

Di lain sisi, karakteristik batuan karst, air hujan meresap ke dalam goa lewat pori-porinya. Hal itu terbukti dari struktur langit-langit goa yang memiliki stalaktit (endapan batu kapur yang menjulur dari langit-langit goa).

Keindahan stalaktit yang disinari cahaya juga jadi daya tarik ketika berada di dalam Goa Kristal. Lihatlah ke langit-langit goa.

Stalaktit kecil itu umumnya berwarna putih yang menonjol berlatar belakang langit-langit goa berwarna keabu-abuan.

Perlu Perhatian

Keindahan wisata Goa Kristal perlu perhatian dari pemerintah daerah setempat terutama dari segi fasilitas pendukung pariwisata. Di sana, fasilitas untuk wisatawan masih minim.

Beberapa pengunjung terlihat kesulitan ketika ingin membilas dan mengganti baju yang basah setelah berenang.

Di sekitar Goa Batu Kristal juga belum tersedia saung atau pondok untuk wisatawan beristirahat sejenak. Toilet pun belum tersedia. Meskipun demikian, papan penanda obyek wisata sudah terpasang di pelataran parkir.

Untuk urusan keamanan, sudah ada beberapa pemuda setempat yang menjaga dan memandu wisatawan yang berkunjung. Mereka bertugas untuk memastikan keamanan wisatawan saat bermain di kolam air Goa Kristal.

"Saya di sini dipercaya untuk jaga. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak yang sudah pernah tenggelam di sini. Tidak bisa berenang tapi karena kepengen, saling mendorong jadinya jatuh," ujarnya.

Jadi, kapan kalian ke Goa Kristal?

https://travel.kompas.com/read/2018/12/10/111600827/keindahan-goa-kristal-di-kupang-memukau-wisatawan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke