Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Borobudur Cultural Feast 2018 Siap Digelar

Ketua Penyelenggara BCF 2018 Indro Kimpling menjelaskan BCF 2018 akan menampilan ratusan atraksi seni budaya khas Borobudur pada masa pembangunannya sekitar tahun 700 masehi hingga sekarang.

"Kami ajak pengunjung menikmati suasana seolah berada di masa Candi Borobudur dibangun berabad-abad silam. Meskipun sampai saat ini belum ada yang berhasil mengungkap bagaimana ilmu yang dipakai nenek moyang ketika membangun candi ini," jelas Indro, Rabu (12/12/2018).

Pagelaran akbar ini akan diawali dengan lomba kreasi seni kerajinan janur atau Penjor 13-21 Desember 2018. Lomba ini akan diikuti oleh masyarakat perwakilan desa se-Kecamatan Borobudur dan masyarakat umum.

Berbeda dengan penjor yang biasanya terbuat dari janur (daun kelapa muda), pada lomba ini peserta dibebaskan memakai bahan-bahan alam dan daur ulang.

"Penjor itu wujud kesyukuran masyarakat atas anugerah Candi Borobudur yang sampai kini masih bisa dinikmati, dan memberi manfaat bagi sekitarnya," jelas Indro.

Kemudian pada 15 Desember 2018, akan digelar festival Berghodho (kreasi prajurit kerathon) dan puncaknya pada sore hari digelar Pagelaran Seni Kolosal bertajuk 'Hamemayu Haruming Borobudur'.

"Bergodho dari masyarakat Borobudur akan menjadi bagian pementasan kolosal. Jumlahnya mencapai 200 orang lebih," ungkap Indro.

Puncaknya, akan ada pentas tari kolosal bertajuk 'Hamemayu Haruming Borobudur' di Taman Lumbini pelataran Candi Borobudur. Tari ini menggambarkan rasa bersyukur tiada henti untuk Candi Borobudur yang hingga kini diakui sebagai warisan budaya dunia.

"Pagelaran ini akan menggambarkan kejayaan, kemakmuran dan kedamaian Wangsa Syailendra di abad ke-7 di bawah kepemimpinan Rakai Dyah Balitung Sri Iswara Kesawa Semaratungga," jelasnya.

Indro berharap rangkaian BCF 2018 menjadi destinasi baru wisata di Borobudur, juga menjadi sumber pengetahuan dalam bentuk atraksi seni budaya yang menarik.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/12/161200127/borobudur-cultural-feast-2018-siap-digelar-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke