Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Refugia, Ini Kelebihan Lain Bulak Widoro sebagai Taman Bunga

Jika kamu berkunjung ke Gunungkidul, sesekali kamu harus mampir ke lokasi ini, lantaran Taman Bunga Bulak Widoro tak sekadar taman bunga. Taman bunga ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya berbeda dari Taman Bunga yang lain

Nah berikut beberapa kelebihan yang ada di Taman Bunga Bulak Widoro:

Menurut penuturan Lilis, pengelola Bulak Widoro, Refugia merupakan upaya untuk membuat padi sehat dengan mengalihkan hama padi ke tumbuhan berbunga.

Bunga-bunga yang ditanam merupakan bunga-bunga yang memiliki serbuk sari seperti celosia, bunga kertas, serta bunga matahari.

Di Bulak Widoro, teknik Refugia ini dipadukan dengan kreatifitas warga berupa penataan taman bunga yang cantik yang dipadupadankan dengan hijaunya persawahan.

Harapannya, tak hanya menguntungkan dari sektor pertanian, namun pembuatan Bulak Widoro juga menguntungkan dari sektor pariwisata.

Di tempat ini juga terdapat aktivitas memberi makan kelinci, sehingga pengunjung bisa memanfaatkannya untuk memberikan edukasi kepada anak-anak perihal bagaimana cara merawat binatang.

Ke depan, Bulak Widoro juga direncanakan untuk diberi tambahan beberapa jenis hewan.

Menariknya, taman bunga di sini sekelilingnya adalah persawahan, dan dari tempat ini jajaran pegunungan Gunungkidul juga terlihat berbaris rapi.

Pada beberapa sudut pengunjung bisa menemukan spot foto dari bambu dengan berbagai bentuk, seperti saung-saung, serta Menara Eiffel dari bambu.

Selain itu  spot-spot berupa jembatan-jembatan bambu juga disediakan. Berkunjung ke Bulak Widoro adalah surga bagi kamu yang gemar berswafoto

Di tempat ini juga dekat dengan beberapa tempat makan terkenal seperti RM Sumilir, sehingga jika berkunjung kemari dan merasa lapar, pengunjung bisa segera menemukan tempat makan.

5. Tarifnya Murah

Bulak Widoro dikelola secara perseorangan. Tempat wisata ini merupakan area persawahan milik pribadi Bapak Widodo yang digabungkan dengan tanah lungguh (tanah yang disewakan kepada perangkat desa yang menjabat) bagiannya.

Tidak seperti kebanyak taman-taman bunga yang lain yang harganya mahal, untuk masuk ke Bulak Widoro, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 3.000 saja.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/15/210500827/selain-refugia-ini-kelebihan-lain-bulak-widoro-sebagai-taman-bunga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke