Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perjalanan Makanan Oscar dari Masa ke Masa: Dari Daging ke Vegan

Tahun ini, perayaan Oscar mencatatkan sejarah menjadi yang pertama kali menyajikan pilihan makanan vegan dalam sebagian besar menu. 

Namun Oscar bukan acara penghargaan pertama yang melakukan hal tersebut. Beberapa ajang lebih dulu melakukan, seperti Golden Globes, Screen Guild Actors Awards hingga British Academy Film and Television Awards. 

Khusus untuk Oscar 2020, pilihan menu makanan berbahan dasar tanaman mencapai 70 persen. Sisanya adalah non-vegan.

Lantas, bagaimana perjalanan menu makanan dalam Oscar dari masa ke masa?

Dilansir laman Insider, pada Oscar pertama di tahun 1929, para bintang Hollywood menyantap ayam, kentang, dan buncis. Pesta makan malam untuk gelaran tahun 1929 tersebut memiliki suasana begitu resmi dengan banyak sajian.

Di tahun 1940, menunya masih cukup mirip. Namun, penyelenggara membuat acara makan malamnya terpisah dari upacara pemberian piala. Selama periode 1940 hingga 1950-an, sajian pembuka masih didominasi dengan ayam, buncis, dan kentang.

Selama Perang Dunia II dan ketika acara tersebut disiarkan secara luas di televisi, pesta makan malam Oscar mulai dilakukan terpisah dari acara pemberian piala.

Konon, karena para selebriti tidak ingin terlihat sedang berpesta ketika negara sedang dalam perang.

Pada 1970, makan malam Oscar menyediakan lebih banyak daging bersamaan dengan mentega dan krim. Dengan tema makanan ala Perancis, makanan yang disajikan termasuk udang, kepiting, dan steak dengan beragam pilihan saus dan anggur merah.

Sementara untuk dessert, masih tetap menyajikan es krim mewah. Selama tahun 1970-an, tren makanan di Oscar tetap sama. Menyajikan banyak daging, saus creamy bearnaise dan dessert cokelat.

Periode ini jadi dekade terakhir sebelum tren diet rendah lemak mulai muncul di Amerika Serikat. Tren tersebut membuat banyak orang Amerika menjauhi mentega dan olahan susu penuh lemak.

Kemudian untuk tahun 1987, makan malam Oscar masih menyajikan makanan Perancis. Misalnya veal en croute yang jadi favorit dengan pendamping berupa asparagus dan jamur.

Veal en croute merupakan daging yang dibungkus dengan lapisan pastry.

Selain dikenal sebagai orang yang suka bereksperimen dengan beragam versi sayuran dari sajian klasik, ia juga dikenal dengan sajian dagingnya yang khas.

Puck dipengaruhi kuliner Perancis, dengan penggunaan bahan hewani seperti daging, seafood, mentega, dan keju.

Salah satu sajian terkenal darinya yang disajikan di restoran miliknya, Spago, adalah pizza yang diberi topping berupa salmon asap dan caviar. Hidangan khas lainnya termasuk daging dengan saus anggur merah, chicken pot pie, dan meatloaf dibungkus dengan bacon.

Pada tahun 2004, filet mignon jadi bintang utama dalam sajian makan malam Oscar. Dengan menangnya The Lord of the Rings: The Return of the King sebagai film terbaik, makan malamnya terasa sangat khas kerajaan.

Filet mignon disajikan dengan sajian pembuka seperti paprika panggang dengan ikan, asparagus dibungkus dengan prosciutto, dan pastry daging dan keju kambing.

Selain itu, ada juga kentang yang dipanggang dengan caviar yang katanya jadi sajian favorit Brad Pitt.

Sajian ini disajikan di tahun 2004 dan terus disajikan setiap tahunnya karena selalu jadi favorit para tamu. Sajian ini juga jadi salah satu pilihan dalam menu tahun 2020.

Sementara untuk tahun 2020 ini, sebagian besar berbahan dasar tanaman, seperti keju vegan, jamur panggang, nasi hitam, dan labu.

Dalam akun twitter @abc7george, George Pennacchio mengunggah foto menu Oscar 2020. Di dalamnya termasuk roti vegan dan berbagai varian keju hingga dessert dengan cokelat dan buah.

Ia mendorong banyak acara penghargaan untuk mulai menyajikan banyak pilihan makanan vegan.

Kepada US Magazine, Wolfgang Puck mengungkapkan, sajian yang ia buat tidak terlalu berbeda dari makan malam pada tahun-tahun sebelumnya. Adapun beberapa di antaranya seperti sayuran panggang seperti beets, jamur, dan terung.

"Kami selalu memiliki banyak sajian vegan. Kami hanya tidak membicarakan soal itu," ujar Puck.

Walaupun mengklaim lebih vegan pada tahun ini, Oscar tetap menyajikan pilihan non-vegan berupa ikan dan daging yang "diternak secara berkelanjutan".

Di dalamnya akan terdapat sajian klasik seperti salmon berbentuk piala Oscar dengan caviar, juga chicken pot pie yang disajikan dengan jamur truffle hitam.

https://travel.kompas.com/read/2020/02/10/111500727/perjalanan-makanan-oscar-dari-masa-ke-masa--dari-daging-ke-vegan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke