Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Rasa Mi Instan yang Digemari Generasi Z Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia memiliki banyak sekali pilihan mi instan. Mulai dari produk mi instan dalam negeri hingga luar negeri.

Bahkan rasa yang ditawarkan juga memiliki banyak varian. Mungkin kamu pernah sengaja membeli beberapa rasa mi instan sekaligus saat di pasar swalayan.

Kompas.com bertanya kepada beberapa generasi Z, mereka yang lahir tahun 1997-2010 seputar rasa mi instan apa yang disukai. 

Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk mengulik rasa mi instan baru, berikut 11 mi instan favorit mereka:

1. Indomie Goreng

Adelia Octavia Siswoyo (21) asal Jember, akrab disapa Adel, mengatakan bahwa dia menyukai Indomie Goreng  karena memiliki rasa yang otentik.

“Gak ada yang nyamain. Kalau ditanya rasa Indomie kayak apa, gak ada bandingannya,” kata Adel saat dihubungi Kompas.com, Minggu (12/4/2020).

Senada dengan Adel, Pristi Suri (22) asal Bekasi menuturkan bahwa Indomie Goreng merupakan yang paling lezat dari segi rasa mi instan.

Dia menambahkan bahwa rasa tersebut sudah memiliki jati diri dan signature yang kuat yang tidak dimiliki rasa Indomie lainnya.

“Mungkin ada segi ikatan batin yang kuat juga karena dari kecil udah suka Indomie Goreng. Rasanya sendiri enak banget,” kata Pristi.

2. Indomie Soto Mie

Abi Mahsa Putra Suhari (23) asal Bekasi mengatakan bahwa Indomie Soto Mie tidak ada tandingannya dari segi rasa.

“Dia lebih ada rasanya dibanding yang lain. Kayak rasa ayam bawang, dll. Soalnya yang lain cuma gurih aja,” kata Abi.

Senada dengan hal tersebut, AA asal Jakarta, tidak ingin menyebutkan umurnya, mengatakan bahwa salah satu faktor yang membuatnya menyukai  Indomie Soto Mie adalah karena mudah dicari.

Kendati demikian, AA memiliki satu alasan kuat mengapa dia sangat menyukai rasa tersebut.

“Kalau makan Iinternet (Indomie telur kornet) di pinggir jalan pakai Indomie rebus soto, itu enak banget sumpah. Demi apa pun (membayangkannya saja membuat) ngiler mau makan internet,” kata AA.

Rasa soto mie yang disebut AA sebagai salah satu dari rasa original Indomie lebih lezat dibandingkan dengan rasa lain. Menurutnya, beberapa rasa yang baru muncul belakangan ini kalah dengan rasa soto mie.

Sementara itu, Sherly Rahayu (22) asal Jakarta mengatakan bahwa dia merupakan penggemar berat Indomie Soto Mie.

“Sumpah enak banget ya rasanya. Asin-asin gitu terus dicampur telur setengah matang. Gampang juga masaknya,” kata Sherly.

3. Indomie Soto Banjar Limau Kuit

Akmaliyani (22) asal Palangkaraya, akrab disapa Kay, mengatakan bahwa varian Indomie tersebut merupakan kesukaannya. Sebab, rasa dari kuahnya dianggap menggugah selera.

“Bumbunya berasa banget. Perpaduan asam dan pedas. Kayaknya (varian tersebut) emang gak dijual di luar Kalimantan,” kata Kay.

Selanjutnya, dia mengatakan bahwa varian soto lain dari Indomie tidak memiliki rasa senikmat Soto Banjar Limau Kuit. Maka dari itu, dia tidak pernah membli mi instan kuah selain varian tersebut.

Untuk Mie Sedaap, rasa yang Adel suka dari seluruh varian yang ada yaitu kari spesial. Menurutnya, bumbu yang dimiliki menghasilkan kuah yang kental dengan rasa tajam yang nikmat.

Sementara itu, Bagas Setiawan (22) asal Yogyakarta mengatakan bahwa dia menyukai Mie Sedaap Kari Spesial karena tekstur kuahnya yang berat.

5. Indomie Kari Ayam

Nada Salsabila (22) asal Bogor, akrab disapa Bila, menuturkan bahwa dirinya selalu menyimpan mi instan rasa tersebut karena rasanya paling enak.

“Kaldunya gurih banget. Wangi rempahnya jujur menggugah selera. Plus ada tambahan bawang goreng juga kan, jadi makin gurih nampol,” kata Bila.

Dia melanjutkan bahwa Indomie Kari Ayam memang lezat untuk disantap saat hujan. Terlebih jika ditambah sayuran hangat.

6. Indomie Goreng Rendang

Adel mengatakan meskipun dirinya suka Indomie Goreng, namun Indomie Goreng Rendang adalah varian yang paling nikmat dibandingkan dengan rasa lain.

“Warna bumbu mie-nya gak ganggu banget. Beberapa mie terkadang ada yang jadi merah atau hijau gitu,” kata Adel.

7. Indomie Mi Kocok Bandung

Ananda Prima (20) asal Bekasi, akrab disapa Prima, menuturkan bahwa rasa yang dianggapnya kini sudah langka merupakan juara dari seluruh rasa yang ada.

Tidak hanya itu, tekstur mi yang lebar membuatnya semakin menyukai Indomie Mi Kocok Bandung.

“Teksturnya yang agak lebar (membuatnya) beda dari mi yang biasa. Rasanya juga mantap. Wajib dicobain,” kata Prima.

8. Indomie Empal Gentong

Selain Indomie Mi Kocok Bandung, Prima juga merupakan penggemar berat varian empal gentong. Satu hal yang membuatnya sangat menyukai varian tersebut adalah potongan dagingnya.

“Bumbunya juga mudah meresap ke kuahnya. Bikin rasa jadi semakin berasa, seolah-olah kita emang lagi makan itu empal gentong dan bukan lagi makan mie,” kata Prima.

9. Samyang

Pristi mengatakan bahwa dia sangat menyukai Samyang rasa original karena menurutnya mi tersebut bukan sekadar mi pedas.

“Selain dari pedasnya, dari segi rasa gue suka. Rasanya gurih, enak. Intinya dia gak pedas aja, tapi masih ada rasa. Gue juga suka konsistensi mi-nya karena fluffy dan kenyal,” kata Pristi.

Menurutnya, tidak ada mi varian pedas dari merek lain yang bisa mengalahkan kelezatan Samyang.

10. Samyang Cheese

Saking sukanya dengan Samyang Cheese, Adel tidak dapat menjelaskan mengapa dia menyukainya.

Meski begitu, dia menyebutkan bahwa dirinya bukan penggemar makanan pedas.

“Padahal gue gak suka pedas, tapi emang enak aja rasanya. Bumbunya gak pedas aja, tapi ada rasanya,” kata Adel.

11. Neoguri Udon

Satu hal yang membuat Adel menyukai Neoguri Udon adalah rasanya yang tidak pedas. Selain itu, seafood-nya lebih terasa.

“Terus mie-nya beneran kayak udon, gede-gede. Pas dimasak bumbunya mudah menyerap,” tutur Adel.

https://travel.kompas.com/read/2020/04/13/190700427/11-rasa-mi-instan-yang-digemari-generasi-z-indonesia-kamu-suka-yang-mana

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke