Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Rest Area Instagramable, Ada Bekas Pabrik Gula dan Panorama 5 Gunung

KOMPAS.com - Pengelola jalan tol telah menyediakan fasilitas rest area yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang menggunakan tol untuk mencapai destinasi yang dituju. Jadi, lebih baik memilih mampir rest area dan tidak beristirahat di bahu jalan. 

Selain sebagai tempat beristirahat, rest area juga dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari pom bensin, tempat ibadah, toilet, minimarket, hingga tempat kuliner.

Tak sekadar untuk beristirahat, beberapa rest area juga menawarkan pengalaman berwisata kepada pengendara karena memiliki pemandangan indah dan bentuk bangunan unik.  

Daftar rest area instagramable 

Berikut ini adalah delapan rest area yang instagramable. Pengendara bisa beristirahat sembari berwisata:

1. Rest area Km 260B, Tol Pejagan-Pemalang

Rest area 260B berada di ruas tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes. Rest area ini juga dikenal dengan nama rest area 260B Heritage-Banjaratma. 

Bangunan di rest area ini merupakan bekas pabrik gula Banjaratma yang didirikan oleh perusahaan Belanda, seperti dikutip dari Kompas.com (10/2/2022). Tak heran, bangunannya pun bertema kolonial. 

Beberapa spot foto populer, antara lain tungku bekas pabrik gula, mesin gilas pabrik gula, permainan perosotan, masjid, hingga ilalang. Pengunjung yang mengabadikan momen tidak dikenai biaya alias gratis. 

Selain spot foto, rest area ini memiliki wahana permainan seluncuran atau perosotan panjang bernama Srodotan Donat. Warna pelangi pada perosotan ini pastinya akan menarik bagi anak-anak.

Ada pula sekitar 110 tenant UMKM yang menjual berbagai masakan dan oleh-oleh. Rest area memiliki luas lahan mencapai 10,6 hektar.

2. Rest area Km 19, Tol Jakarta-Cikampek

Rest area yang sudah beroperasi sejak 2005 ini memiliki desain modern, berdasarkan informasi dari Kompas.com (25/4/2022).

Bahkan, kanopi di area SPBU dalam rest area pernah meraih penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) sebagai kanopi terunik se-Indonesia. 

Tak heran jika pengendara yang mampir di rest area Km 19 tol Jakarta-Cikampek kerap menjadikannya untuk latar foto. 

Terdapat fasilitas lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, minimarket, gerai ATM, toilet eksekutif, masjid, dan bengkel. 

Baru-baru ini, rest area Km 19 Tol Jakarta Cikampek membangun hotel yang merupakan hotel pertama di ruas Tol Trans-Jawa.

Hotel bintang 3 itu menyediakan 12 kamar tidur dan dua meeting room yang bisa disewa para pengunjung. 


3. Rest area Km 456, Tol Semarang-Solo

Rest area Km 456 yang berada di ruas tol Semarang-Solo ini juga dikenal sebagai Resta Pendopo 456.

Mengutip Kompas.com (24/4/2022), rest area ini mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Rest Area Terbaik di Indonesia. 

Pemandangan di sana begitu mengagumkan. Dengan luas 3,3 hektare, Resta Pendopo 456 mempunyai sky bridge atau jembatan penghubung yang menghubungkan bangunan di ruas kanan dan kiri jalan tol. 

Keunikannya adalah pengunjung yang singgah dapat melihat pemandangan hamparan sawah dan gunung yang bisa menjadi spot foto Instagramable.

Jika cuaca cerah, pengunjung bisa berfoto dengan latar Gunung Merbabu. 

Selain itu, terdapat lima bangunan utama bergaya joglo dengan atap limas yang berdiri di Resta Pendopo 456.

Bangunan tersebut memiliki filosofi yang mewakili keberadaan lima gunung di Jawa Tengah, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Ungaran.

4. Rest area Km 429, Tol Semarang-Solo

Masih berada di jalan tol Semarang-Solo, rest area Instagramable selanjutnya adalah rest area Km 429.

Tak jauh berbeda dengan Resta Pendopo 456, rest area ini juga menawarkan pemandangan gunung serta perbukitan hijau bagi para pengunjungnya. 

Lokasinya berada sebelum persimpangan jalur keluar Kota Ungaran, Semarang.

Fasilitas di Rest Area Km 429 tol Semarang-Solo ini juga lengkap, mulai dari masjid, toilet, gerai makanan, minimarket, SPBU, hingga area parkir. 


5. Rest area Km 22, Tol Semarang-Bawen

Rest Km 22 berada di Dusun Ngemplak, Susukan, Ungaran Timur, seperti dikutip dari Kontan (1/7/2016). Salah satu ikon dari rest area ini adalah masjid berkubah merah.

Kubah merah masjid tersebut tampak megah bahkan sudah tampak dari kejauhan. Fasilitas di rest area ini meliputi kantin, swalayan, taman bermain, lahan parkir, dan toilet. 

6. Rest Area Km 88B, Tol Cipularang

Ikon Rest Area Km 88B di Tol Cipularang (arah Jakarta) adalah Masjid Al-Safar.

Berdasarkan info dari laman Pemerintah Kota Bandung, masjid ini didesain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kala itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung) bersamafirma Urbane Indonesia. 

Masjid ini menarik perhatian setiap pengunjung karena memiliki desain yang futuristik. Berkapasitas 6000 jemaah, Masjid Al-Safar berbentuk permata berwarna abu-abu. 

Selain masjid, rest area ini juga memiliki wisata foto tiga dimensi (3D), berdasarkan informasi dari situs Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR. 

Jadi, pengunjung bisa mengabadikan momen bersama keluarga. Terdapat karakter pahlawan super, fauna, dan lainnya pada wisata 3D tersebut. 

Rest area ini pernah mendapatkan predikat terbaik dalam Penilaian Rest Area dan Jalan Tol Berkelanjutan 2021, berdasarkan informasi dari akun Twitter resmi Kementerian PUPR. 


7. Rest area Km 97, Tol Cipularang 

Rest area yang berada di Kota Purwakarta ini memiliki ikon masjid cantik, yakni Masjid Al-Miraj. Masjid ini memiliki satu kubah besar dan dua kubah kecil berwarna emas, sehingga tampak megah. 

Rest area ini memiliki fasilitas komplit, seperti area kuliner, oleh-oleh, toilet, area parkir, SPBU, dan lainnya.

Lokasi ini merupakan tempat istirahat pengemudi dari Jakarta ke Bandung, dan sebaliknya. 

Saat memasuki rest area, pengunjung akan melihat patung sapi yang merupakan ikon Kabupaten Boyolali sebagai penghasil susu, seperti dikutip dari situs Trans Marga Jateng. 

Rest area ini juga dikenal sebagai Rest Area Bale Nglaras. Terdapat rooftop di kawasan rest area, sehingga pengendara bisa beristirahat sembari menikmati hawa sejuk serta pemandangan Kabupaten Boyolali. 

Rest area ini tidak memiliki stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Lokasinya ada di sisi selatan dan utara jalan tol Semarang-Solo. Masing-masing rest area memiliki luas 1,3 hektar. 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/26/160400427/8-rest-area-instagramable-ada-bekas-pabrik-gula-dan-panorama-5-gunung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke