Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Wisata Purwakarta Dekat Stasiun, Banyak Waterpark yang Bisa Dikunjungi

KOMPAS.com – Ketika akhir pekan atau hari libur, kebanyakan orang akan menghabiskan waktu dengan berwisata.

Purwakarta merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. 

Bagi yang berencana liburan, berikut ada daftar tempat wisata di dekat Stasiun Purwakarta yang bisa dikunjungi.

1. Bale Indung Rahayu

Dekat dari Stasiun Purwakarta berjarak 450 meter ada sebuah museum yang bisa dikunjungi namanya adalah Bale Indung Rahayu.

Bale Indung Rahayu jika diterjemahkan artinya adalah "Tempat Kemuliaan Ibu," dikutip dari Lembaga Penyiaran Publik Lokal Kabupaten Purwakarta. 

Jadi, wisatawan bisa melihat perjalanan manusia dari kandungan hingga akhir hayat lewat estetika dan teknologi digital.

Koleksi yang bisa dilihat termasuk lukisan, foto, dan mainan anak zaman dulu. Alamatnya ada di Jalan RE Martadinata Nagri Tengah, Purwakarta, Jawa Barat.


2. Taman Air Mancur Sri Baduga

Sebelum menjadi Taman Air Mancur Sri Baduga, tempat ini dulunya merupakan danau yang cukup luas berbentuk bulat disebut dengan Situ Buleud.

Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa melihat atraksi air mancur menari yang indah berwarna-warni.

Bagi yang ingin melihat air terjun menari di Purwakarta biaya masuknya gratis, dikutip dari Antaranews. 

Lokasinya ada di Jalan K.K Singawinata Nomor 73, Nagri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat. Jika dari Stasiun Purwakarta jaraknya sekitar 600 meter.

3. Galeri Wayang

Sesuai namanya tempat ini menampilkan segala sesuatu mengenai perwayangan nusantara, mulai dari sejarah wayang hingga koleksi-koleksi wayang. 

Dilansir dari laman Pariwisata Kabupaten Purwakarta, koleksi yang bisa dilihat di antaranya wayang kulit dan wayang golek. Wisatawan yang datang juga bisa melihat cara pembuatan wayang.

Galeri Wayang berada di Jalan Gandanegara Nomor 25, Nagri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat. Dari Stasiun Purwakarta jaraknya lebih kurang satu kilometer (km).

Jadwal bukanya dimulai dari pukul  08.00 hingga  17.00 WIB untuk Senin sampai Sabtu. Adapun pada Minggu bisa dikunjungi pada pukul 07.00 sampai  17.00 WIB.


4. Cikao Park

Berikutnya ada Cikao Parak yang menawarkan wahana air yang bisa dikunjungi oleh anak-anak maupun orang dewasa. 

Alamat Cikao Park berada di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Dari Stasiun Purwakarta jaraknya sekitar 6,3 km.

Fasilitas yang bisa dicoba meliputi water park, taman satwa, rumah ilusi, dan wahana permainan, dan area foto, dikutip dari situs resminya. 

Jadwal operasionalnya dimulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Lalu, untuk harga tiket masuknya dipatok mulai dari Rp 20.000 per orang. 

5. Green Valley Waterpark

Buat yang ingin berenang dan main air di Purwakarta, selain Cikao Park ada Green Valley Waterpark.

Alamatnya ada di Jalan Ipik Gandamanah Nomor 41, Ciseureuh, Purwakarta, Jawa Barat. Dari Stasiun Purwakarta jaraknya lebih kurang 6,8 km. 

Wahana permainan yang bisa dicoba cukup lengkap mulai dari water slide, lazy river, kiddy pool, kereta mini hingga kora-kora.

Biaya masuk ke Green Valley Waterpark sebesar Rp 40.000 per orangnya. Harga tersebut berlaku untuk hari biasa, akhir pekan, dan haril libur nasional.


6. Jatiluhur Water World

Tempat bermain air lainnya di Purwakarta ada Jatiluhur Water World yang berlokasi di daerah Jatimerkar, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Tersedia kolam untuk anak dan dewasa di tempat ini. Kemudian untuk wahana air yang bisa dicoba mulai dari perosotan hingga kolam ombak. 

Kemudian, untuk fasilitasnya ada kamar mandi, gazebo, tempat makan, tempat ibadah, dan area untuk santai para wisatawan. Dari Stasiun Purwakarta menuju ke Jatiluhur Water World jaraknya sekitar 10,5 km.

7. Waduk Jatiluhur

Pembangunan Waduk Jatiluhur dimanfaatkan untuk membendung Sungai Citarum dengan luas daerah aliran sungai mencapai 4.500 km persegi. 

Waduk Jatiluhur dibangun mulai 1957 dan peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden Soekarno, kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 26 Agustus 1967. 

Selain berfungsi sebagai penyedia air untuk digunakan bagi masyarakat, tempat ini juga biasa digunakan untuk tempat wisata. 

Dilanisir dari laman Sinbad Sistem Informasi Bendungan dan Waduk, fasilitas yang ditawarkan meliputi hotel, bungalow, restoran, playground, ruang pertemuan, dan wahana air

Waduk Jatiluhur terletak di daerah Kutamanah, Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat. Jika dari Stasiun Purwakarta jaraknya sekitar 12 km. 

https://travel.kompas.com/read/2022/07/12/093606727/7-wisata-purwakarta-dekat-stasiun-banyak-waterpark-yang-bisa-dikunjungi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke