Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Semarang untuk Libur Lebaran 2023

SEMARANG, KOMPAS.com - Di Kota Semarang, Jawa Tengah, terdapat sembilan tempat wisata selain Kota Lama Semarang yang cocok dikunjungi saat libur Lebaran 2023.

Menurut rekomendasi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso, sembilan tempat tersebut adalah Semarang Zoo, Sam Poo Kong, Goa Kreo, Pantai Marina, Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Lawang Sewu, Grand Maerakaca, Taman Lele, dan Kampung Jawi.

  • 10 Restoran Keluarga di Semarang dengan Pemandangan Indah
  • 15 Wisata di Semarang Dekat Gerbang Tol, Bisa Mampir Saat Mudik 

Wing menuturkan, pada tahun 2022 lalu, Kota Semarang mencatat jumlah pengunjung terbanyak yang mencapai 5,3 juta orang. Tahun ini, Wing menargetkan ada 10 juta wisatawan berlibur di kota tersebut.

"Sejauh ini sudah baik dan terkendali. Kami sudah melakukan pembinaan ke para pengelola destinasi wisata, untuk mempersiapkan dan meningkatkan fasilitas yang ada. Dengan itu kami berharap, pengunjung wisatawan di Kota Semarang meningkat. Karena ini juga liburan panjang," jelas Wing kepada Kompas.com, Senin (17/4/2023).

Selain 10 tempat wisata yang disebutkan sebelumnya, masih ada sejumlah wisata baru yang disiapkan guna menaikkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Semarang.

Wisata baru tersebut juga diminta untuk meningkatkan sarana dan prasarana, serta mengedepankan salam, senyum, sapa (3S) kepada pengunjung.

  • Masjid Raya Baiturrahman, Wisata Religi di Simpang Lima Semarang
  • 10 Hotel Murah Dekat Pintu Tol Semarang, Harga Rp 200.000-an Per Malam

"Masih ada lagi wisata baru yang kami dorong agar semakin intens dalam meningkatkan kualitas, mengedepankan 3S yang bisa bikin wisatawan kangen dan ingin berkunjung lagi ke Semarang," ucap dia.

Keberadaan pandemi Covid-19 di Indonesia juga masih menjadi perhatian sehingga dirinya juga mengimbau para pengelola dan wisatawan untuk tetap mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Tetap antisipasi dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sehingga tidak lagi terjadi pandemi Covid-19 di Kota Semarang," tutur Wing.

  • Asyiknya Petik Buah Langsung dari Pohon di Agro Cepoko Semarang
  • Pasar Dugderan Semarang Hadir Lagi Setelah Absen 3 Tahun

Sementara itu, Direktur Semarang Zoo, Awaludin mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah konsep dan kerja sama agar dapat meningkatkan kunjungan ke Semarang Zoo saat libur Lebaran.

Beberapa di antaranya adalah animal show (pertunjukan satwa) dan atraksi satwa.

"Jadi wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan beberapa satwa yang sudah di-display (ditampilkan) dan kita siapkan. Mereka bisa foto bareng atau memberikan makan," ujar Awaludin.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/18/060900527/rekomendasi-10-tempat-wisata-di-semarang-untuk-libur-lebaran-2023

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke