Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Wisata di Malang Raya yang Instagramable untuk Libur Lebaran 2023

MALANG, KOMPAS.com - Tempat wisata dengan spot Instagramable masih jadi daya tarik bagi wisatawan yang berlibur di Malang Raya, Jawa Timur.

Berbagai tempat wisata pun berlomba-lomba menawarkan berbagai area yang bisa dijadikan latar foto.

  • 32 Tempat Wisata Malang Raya, Banyak Tempat Bernuansa Alam
  • 7 Tempat Wisata Malang Dekat Stasiun, Bisa Jalan Kaki

Kompas.com merekomendasikan tiga tempat wisata di Malang Raya dengan beragam spot foto menarik yang dapat dikunjungi selama libur Lebaran 2023:

Meskipun belum dibuka, tempat wisata yang berada di Karangploso, Kabupaten Malang, ini tengah viral di berbagai media sosial.

Malang Skyland menghadirkan beberapa spot yang bisa menjadi tempat berfoto, di antaranya, Sky Bridge atau jembatan sepanjang sekitar 170 meter; Sky Net atau area dengan jaring-jaring sehingga pengunjung bisa berfoto sembari berbaring di tengahnya; dan Sky Glass Bridge atau jembatan kaca

Dari spot-spot Instagramable yang ada, wisatawan dapat melihat pemandangan kaki Gunung Arjuna ketika pagi, siang, atau sore.

Sementara itu, pada malam hari, mereka bisa melihat cantiknya panorama Kota Batu yang gemerlapan.

  • Itinerary Wisata Malang 1 Hari, Bisa Cicip Kuliner Legendaris
  • Itinerary Wisata Malang 2 Hari 1 Malam, Menikmati Sunset dan Kuliner

"Memang antusias masyarakat sangat luar biasa, kami belum buka tapi sudah ada saja yang datang. Sebenarnya opening kami besok, Jumat (21/4/2023). Beberapa sudah ada yang reservasi seperti dari tour travel dan lainnya, lebih banyak dari Jawa Timur," kata Owner Malang Skyland, Ilham Sunaryanto saat dihubungi, Kamis (20/4/2023).

Dia menyampaikan, Malang Skyland berkonsep tempat wisata alam nan modern yang cocok untuk anak muda.

Ke depannya, tempat wisata itu setiap harinya akan menghadirkan live music setiap harinya, serta konser musisi nasional dalam satu bulan sekali.

"Dari segi keamanan, untuk konstruksi Sky Bridge sudah terjamin aman karena dibangun dengan kontraktor yang sudah ahli di bidangnya. Jadi walaupun dinaiki puluhan ribu orang, aman," katanya.

Kampung Heritage Kajoetangan (Kampung Heritage Kayutangan) terletak di Kota Malang.

Di kampung tersebut terdapat sekitar 80 bangunan lawas yang rata-rata telah berusia lebih dari 50 tahun, bahkan area ini pernah menjadi lokasi syuting salah satu serial drama komedi nasional.

"Memang Kampung Heritage Kayutangan ini banyak bangunan lawas dan masuk dalam rencana kawasan cagar budaya. Ini suasananya menarik bagi wisatawan, sebelum pandemi Covid-19 banyak yang membuat konten dan viral. Secara tidak langsung banyak pengunjung datang," kata Ketua Forkompokdarwis (Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata) Kota Malang, Isa Wahyudi.

Wisatawan juga dapat berfoto di depan mural-mural yang ada dan spot lainnya yang bernuansa klasik, selain tentunya berfoto di depan bangunan-bangunan lawas.

Kampung Heritage Kajoetangan juga masuk dalam 75 desa wisata terbaik dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Di sini juga bisa jadi tempat photo session (sesi foto) untuk wedding (pernikahan), untuk wisatawan juga bisa memilih paket wisata, seperti susur kampung, kuliner, dan lainnya, paket dibuka dari harga Rp 35.000 biasanya untuk pelajar, dan lainnya hingga Rp 50.000-Rp 100.000," terangnya.

Tempat wisata legendaris yang sudah ada sejak era Hindia Belanda ini cocok jadi tempat liburan keluarga.

Taman Rekreasi Selecta berada di Kota Batu, Jawa Timur. Spot foto yang menjadi favorit bagi wisatawan yakni taman bunga seluas 10 hektar yang ditumbuhi berbagai tanaman hias.

Selain itu, wisatawan bisa menjajal Sky Bike atau bersepeda di atas taman bunga dengan tambahan biaya, serta kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak.

Di kawasan Taman Rekreasi Selecta terdapat penginapan dengan nilai sejarah bernama Vila Bima Shakti yang pernah ditinggali Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

''Tempat wisata kami memang cocok untuk berlibur bagi keluarga, juga berada di Kota Batu dengan cuaca yang dingin, biasanya wisatawan yang datang paling banyak dari Jawa Timur," kata Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/20/170106827/3-wisata-di-malang-raya-yang-instagramable-untuk-libur-lebaran-2023

Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke