Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Singa di Faunaland Ancol Tampak Sakit, Ini Penjelasan Pengelola

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu di media sosial, beredar video singa putih betina yang berada di Faunaland, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Singa tersebut tampak kurus dan lemas, serta tubuhnya terlihat bergetar dan sering terjatuh.

Terkait hal tersebut, Direktur Operasional Faunaland Adam Makalani Kasali mengatakan, singa yang bernama Thori itu memiliki kondisi cacat lahir yang menyebabkan dia selalu tampak gemetar dan terjatuh beberapa kali.

  • Jangan Bawa Hewan Peliharaan ke Dufan Ancol, Ini Alasannya
  • Apakah Boleh Membawa Makanan ke Ancol?

"Kami ingin menegaskan bahwa singa sedang dalam perawatan khusus karena cacat bawaan lahir (feline hip dysplasia)," kata Adam, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Adam mengatakan, keadaan Thori berbeda dari keluarganya yang seluruhnya sehat dan prima.

Ia pun menegaskan, Faunaland memiliki aturan untuk tidak melakukan eutanasia atau mengakhiri hidup satwa-satwa yang cacat. Tempat tersebut juga berprinsip menjadi menjadi tempat perlindungan bagi satwa berkebutuhan khusus.

Adapun satwa yang lahir dalam kondisi cacat di Faunaland, antara lain macan tutul jawa yang hanya memiliki tiga kaki dan burung dengan sayap cacat.

"Semua satwa cacat tersebut kami rawat dengan penuh kasih sayang dan pengobatan yang tidak murah," ujarnya.

Faunaland, lanjut Adam, juga memiliki tim dokter hewan, zoologist (ahli ilmu hewan), dan perawat yang bertugas memantau kesehatan para satwa.

Oleh karena itu, ia menyayangkan adanya informasi yang memunculkan sentimen negatif di kalangan masyarakat tentang Faunaland dalam mengurus satwa-satwa.

Adam pun meminta agar masyarakat tidak terburu-buru membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang belum lengkap atau potongan video yang mungkin tidak mencerminkan realitas sebenarnya.

"Faunaland tetap berkomitmen pada misinya dalam pelestarian, pendidikan, dan mendorong rasa empati yang mendalam terhadap satwa liar," jelas dia.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/30/190000527/video-viral-singa-di-faunaland-ancol-tampak-sakit-ini-penjelasan-pengelola

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke