Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penumpang Pesawat Lion Group Kini Tak Wajib Pakai Masker

KOMPAS.com - Penumpang pesawat Lion Group kini tak lagi diwajibkan mengenakan masker. Kebijakan terbaru ini merujuk kepada Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan pada Masa Transisi Endemi Covid 19.

"Lion Air Group mengikuti semua peraturan dan ketentuan yang berlaku," papar Corporate Communication Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro saat dikonfirmasi Kompas.com pada Sabtu (10/6/2023).

Aturan perjalanan terbaru dari Satgas Covid 19

Berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid 19, diinfokan bahwa pelaku perjalanan dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai booster kedua, terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

Pelaku perjalanan saat ini diperbolehkan tidak mengenakan masker apabila dalam keadaan sehat, dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19 sebelum dan saat melakukan perjalanan dan kegiatan di fasilitas publik.

Lebih lanjut, dipaparkan bahwa pelaku perjalanan dianjurkan tetap membawa hand sanitizer. Serta, menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan.

Khusus pelaku perjalanan yang dalam kondisi tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19, dianjurkan menjaga jarak atau menghindari kerumunan orang untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Sementara itu, bagi seluruh pengelola dan operator fasilitas transportasi, fasilitas publik, dan kegiatan skala besar bersama dengan pemerintah daerah dianjurkan tetap melakukan perlindungan kepada masyarakat, melalui upaya preventif dan promotif untuk mengendalikan penularan Covid-19.

Serta, tetap melakukan pengawasan, pembinaan, penertiban, dan penindakan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan untuk mengendalikan penularan Covid-19.

"Lion Air Group telah melengkapi pesawat-pesawat dengan teknologi canggih, seperti HEPA Filter, yang berfungsi untuk menyaring virus, bakteri, serangga, dan partikel-partikel berbahaya lainnya," kata Danang.

Hadirnya teknologi ini, kata Danang, dapat memastikan bahwa sirkulasi udara dalam pesawat terjaga dengan baik dan memberikan lingkungan yang sehat bagi para penumpang serta kru pesawat.

https://travel.kompas.com/read/2023/06/12/190700227/penumpang-pesawat-lion-group-kini-tak-wajib-pakai-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke