Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Destinasi Ramah Muslim di Filipina, Selain Davao

KOMPAS.com - Departemen Pariwisata Filipina sedang mengembangkan portfolio pariwisata halal.

Upaya itu juga diwujudkan dengan menempatkannya pada daftar prioritas dalam Rencana Pengembangan Pariwisata Nasional (NDTP) 2023-2028.

Kepala Pengembangan Produk dan Pasar Departemen Pariwisata Filipina, Gwendolyn S Batoon mengatakan, ini menjadi bagian dari upaya untuk mengembalikan kembali angka kunjungan wisatawan Indonesia ke Filipina, seperti sebelum pandemi Covid-19.

"Saat ini kami fokus pada pengembangan produk. Itulah mengapa kami juga ingin meningkatkan akomodasi dan (wisata) kuliner yang ramah muslim," kata Gwendolyn seusai temu media di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (29/8/2023).

Davao adalah salah satu destinasi yang direkomendasikannya bagi para wisatawan yang pertama kali mengunjungi Filipina dan mencari tempat ramah muslim.

Ia melihat, saat ini tempat-tempat makan bersertifikasi halal bisa lebih banyak ditemukan di sana.

"Tentu Davao. Ada lebih banyak tempat bersertifikasi halal. Namun kami juga melihat jauh (lebih banyak destinasi ramah muslim) selain itu," ujarnya.

Setidaknya, ada lima destinasi ramah muslim yang terus dipersiapkan oleh Filipina untuk menyambut wisatawan Indonesia, khususnya mereka yang mencari tempat-tempat ramah muslim.

Manila adalah ibu kota Filipina dan merupakan gerbang masuk ke berbagai daerah di negeri tersebut.

Sebagai ibu kota, Manila merupakan pusat budaya, ekonomi, edukasi, dan pemerintahan negara. 

Destinasi yang secara resmi dikenal sebagai National Capital Region (NCR) atau Metro Manila ini terdiri dari beberapa kota seperti Manila, Makati, Quezonz dan Pasay, seperti dikutip dari situs Departemen Pariwisata Filipina. 

Beberapa restoran yang bisa dikunjungi seperti Warung Indo, Mister Kabab, FETA Mediterranean, Hummus Elijah, dan lainnya.

Penyuka wisata bahari wajib mampir ke Palawan saat sedang berada di Filipina.

Destinasi ini terdiri dari 1.700 pulau besar dan kecil yang tersebar di empat destinasi utama, yakni El Nido, Puerto Princessa, Coron, dan San Vicente. 

Destinasi ini kerap kali dinobatkan sebagai pulau terbaik oleh majalah-majalah pariwisata populer dunia, seperti salah satunya Travel+Leisure yang menobatkannya sebagai Pulau Terbaik di Dunia pada 2020.

Beberapa restoran ramah muslim yang ada di sini seperti Haim Chicken Inato, Kinabuch Grill Restaurant, Gandhi's Revenge, dan Kalui Restaurant.

Di Palawan juga terdapat Masjid Daawah untuk beribadah.

Wisatawan yang menyukai suasana kota tua nan bersejarah bisa menjelajahi Cebu.

Destinasi ini adalah area metropolitan terbesar kedua di Filipina yang juga merupakan pintu masuk utama untuk destinasi lain di Pulau Visayas. 

Beberapa restoran ramah muslim yang ada di Cebu seperti Persian Palate, 888 Asian Gourmet Food & Restaurant Lounge, Shawarma Gourmet, Little India-Lahug, dan Taj Indian Restaurant.

Wisatawan juga bisa menemukan Masjid Al-Hairiah dan Masjid Madinah.

Bohol juga merupakan salah satu destinasi populer yang ramah muslim di Filipina, yang menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Salah satunya dengan Chocolate Hills yang merupakan spot wisata populer. 

Chocolate Hills adalah formasi geologi dari rerumputan yang menutupi perbukitan dan warnanya berubah menjadi coklat selama musim kering. 

Bohol juga merupakan rumah dari tarsius, primata terkecil di dunia.

Restoran ramah muslim yang bisa ditemukan di sini seperti Halal Eatery, Khan's Kebab Express Halal, Buzzz Cafe, dan Lanzadera's Eatery.

Jika mencari masjid, wisatawan bisa mampir ke Masjid Darussalam atau Bohol Islamic Dakwah Center.

Boracay sangat populer dengan pantai-pantainya, termasuk di antaranya pantai berpasir putih dan air yang sebening kristal. 

Tempat ini juga cocok dijadikan spot menikmati sunset alias matahari terbenam. 

Wisatawan juga bisa berenang, island-hopping, menyelam, snorkeling, bermain kayak, dan menjajal aktivitas lainnya di sini. 

Beberapa restoran ramah muslim yang tersedia di Boracay seperti Nutrition and Vegetarian Cuisine Resto, Kasbah Boracay, dan Bismillah Halal Turkish.

Ada pula Masjid Boracay Muslim yang dapat disinggahi untuk beribadah.

https://travel.kompas.com/read/2023/08/31/092515327/5-destinasi-ramah-muslim-di-filipina-selain-davao

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke